Tips dan Trik

(VIDEO) Tips Tetap Bugar dengan Olahraga 7 Menit di Rumah

Minggu, 19 Maret 2017 18:02 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shutterstock
Ilustrasi olahraga di rumah. Copyright: © Shutterstock
Ilustrasi olahraga di rumah.

Pentingnya berolahraga mungkin sudah dipahami oleh sebagian besar masyarakat. Dengan rutin olahraga, badan pun selalu fit, tidak mudah lelah dan terserang penyakit, dan bonusnya, punya postur tubuh yang lebih indah. Namun tak sedikit yang berpikir bahwa berolahraga harus menggunakan biaya mahal, seperti alat dan kostum olahraga, biaya ke gym, hingga menyewa tempat untuk berolahraga. Belum lagi tak ada waktu menjadi alasan lainnya.

Padahal, menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar bisa dengan melakukan olahraga sederhana. Tak perlu jauh-jauh pergi ke pusat kebugaran atau membeli peralatan mahal, dengan 12 langkah simpel ini, siapa pun bisa melakukannya di rumah masing-masing.

Apalagi hanya butuh tujuh menit untuk melakukan semua gerakan seperti dalam video singkat di bawah ini. Setiap langkah harus dilakukan selama 30 detik. Jangan lupa beri jeda 10 detik sebelum lanjut ke gerakan berikutnya.

Disadur dari akun Twitter Business Insider, berikut 12 langkah yang bisa Anda lakukan di waktu senggang:

1. Jumping jacks
Berdiri tegap, lalu lakukan lompatan kecil. Sembari merentangkan kaki, angkat juga kedua tangan ke atas. Lalu pada lompatan berikutnya, kembalilah ke posisi semula.

2. Wall-sit
Bersandar tegap dengan punggung menyentuh dinding. Lalu turunkan badan Anda hingga menekuk lutut, sambil mengangkat tangan ke depan dada. 

3. Push-ups
Lakukan push-up selama 30 detik. Untuk perempuan, bisa dengan menyilangkan kaki supaya lebih ringan.

4. Sit-ups
Berbaringlah dengan lutut dalam posisi menekuk supaya lebih mudah. Letakkan tangan di kepala, angkat badan Anda dan kembali ke posisi semula.

5. Step-ups
Berdiri tegak. Berlututlah dengan satu kaki. Ulangi gerakan dengan kaki yang satunya secara bergantian.

6.  Air squats
Lakukan skuat seperti gerakan nomor dua, tetapi tanpa sandaran.

7. Chair-dips
Posisikan diri Anda di depan kursi. Taruh kedua tangan di kursi dan posisikan badan Anda seperti hendak duduk. Turunkan badan Anda dan pastikan hanya tangan Anda yang menekuk. Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan.

8. Plank
Berbaring telungkup dengan badan menghadap lantai. Posisikan kedua tangan seperti di video. Usahakan badan tetap lurus dan tahan selama 30 detik.

9. Run in place
Lari di tempat selama 30 detik. Usahakan tangan dan badan tetap lurus. Angkat lutut ke atas selama berlari.

10. Lunges
Berdiri dengan tegak. Langkahkan satu kaki ke depan hingga posisi berlutut. Ulangi gerakan dengan kaki yang satunya secara bergantian.

11. Push-up and rotate
Lakukan push-up, tetapi setiap satu kali gerakan, buka posisi badan Anda ke salah satu arah. Lakukan secara bergantian ke arah sebaliknya.

12. Side plank
Sama seperti gerakan plank, tetapi buka posisi badan dengan satu tangan yang menahan badan. Ulangi ke arah sebaliknya.