Asian Games 2018

Agustus 2017, Pembangunan Rusun Asian Games 2018 Diprediksi Selesai

Kamis, 23 Maret 2017 15:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Pada Agustus 2018 mendatang akan diselenggarakan ajang multi event empat tahunan terbesar di benua Asia, yakni Asian Games 2018. Indonesia sendiri mendapat kehormatan sebagai tuan rumah yang nantinya mengambil lokasi utama pertandingan di Jakarta dan Palembang.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan pihak pemerintah Indonesia untuk membuktikan kesiapannya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Mulai dari merenovasi sejumlah venue pertandingan, hingga mendirikan rumah susun yang nantinya ditinggali oleh para atlet negara peserta.

Pembangunan rusun atlet yang nantinya ditinggali atlet Asian Games 2018.

Rumah susun untuk tempat tinggal para atlet tersebut pun sudah mulai dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan rencananya akan segera rampung dalam waktu dekat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa keseluruhan rumah susun akan selesai dibangun pada Agustus 2017 mendatang.

"Untuk rusun (rumah susun) yang 18 lantai diperkirakan selesai Juni, sedangkan yang 24 lantai pada bulan Juli.  Sementara untuk 32 lantai baru akan selesai pada bulan Agustus 2017 ini," ujar Basuki dalam keterangan resminya.

Basuki mengatakan pembangunan rusun atlet akan selesai sebelum September 2017.

Hal senada dengan keterangan Menteri Basuki juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin. Menurutnya, proses pembangunan rusun untuk atlet Asian Games 2018 sudah menyentuh angka 66 persen.

“Sementara pembangunannya masih on the track karena sesuai rencana progresnya adalah 64 persen, namun ternyata sudah 66 persen jadi masih plus 2 persen,” jelasnya.

Sedikit informasi, selain di Jakarta, proyek pembangunan rumah susun untuk tempat tinggal atlet Asian Games 2018 juga dilakukan di Palembang, Sumatera Selatan. Berbeda dengan di Jakarta, rusun yang ada di Palembang hanya memiliki dua tower yang terdiri dari lima lantai saja.