Jelang SEA Games 2017, Atlet Muay Thai Indonesia Raih Medali Emas di Ajang Internasional

Kamis, 23 Maret 2017 14:36 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Ilustrasi pertarungan muay thai. Copyright: © Getty Images
Ilustrasi pertarungan muay thai.

Pada Agustus 2017 mendatang akan digelar ajang multi event terbesar di Asia Tenggara, yakni SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Hal itu pun membuat berbagai cabang olahraga (cabor) Tanah Air mulai mempersiapkan diri agar bisa meraih hasil terbaik.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh cabor muay thai. Baru-baru ini beberapa atlet dikirim untuk mengikuti sebuah kompetisi internasional bertajuk Muay Thail Martial Art di Bangkok, Thailand sejak 11 hingga 18 Maret 2017.

Atlet muay thai Indonesia baru saja selesai mengikuti kejuaraan internasional di Thailand.

Hebatnya, meski hanya sebagai salah satu bagian persiapan jelang tampil di SEA Games 2017, atlet Indonesia sukses membawa pulang dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu.

Salah satu atlet  yang berhasil meraih medali emas itu adalah Muhammad Ridwan yang berhasil mengalahkan setiap lawan-lawannya di kategori 51 kg putra.

"Kami tentu bersyukur dengan pencapaian atlet di kejuaraan internasional. Mudah-mudahan semakin meningkatkan motivasinya saat berlaga SEA Games," kata Ridwan seperti dikutip dari Antara.

Setelah mengikuti kejuaraan internasional tersebut, rencananya para atlet muay thai Indonesia masih belum akan kembali ke Indonesia. Mereka disebut akan langsung menjalani pemusatan latihan di negara yang berhasil menjuarai Piala AFF 2016 tersebut selama satu bulan penuh.

Atlet muay thai Indonesia tetap berada di Thailand untuk pemusatan latihan jelang SEA Games 2017.

"Berdasarkan informasi dari pelatih timnas dan Sulsel, Nurahmi, tim usai berlaga di ajang internasional di Bangkok 11-18 Maret 2017 langsung melanjutkan pemusatan latihan di Anghton Istitute," tutur Surachman Tiri, selaku Ketua Muay Thai Indonesia (MI) Makassar.

Selama pemusatan latihan di Thailand, Surachman mengatakan para atlet Indonesia akan mendapat arahan dan materi-materi dari pelatih Indonesia langsung, serta dibantu oleh dua pelatih lokal.

"Training camp akan digelar sebulan dan timnas akan dilatih khusus dua pelatih asal Thailand serta dibantu dua pelatih Timnas. Kami tentu berharap agenda ini memberikan hasil positif ke depan," pungkas Surachman.