Vokalis Maliq & D'Essentials: Olahraga Bisa Menghilangkan Stres

Kamis, 23 Maret 2017 20:54 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Hendra Mujiraharja
© Devi Novitasari/INDOSPORT
Vokalis Maliq & D€™'Essentials, Angga Puradiredja. Copyright: © Devi Novitasari/INDOSPORT
Vokalis Maliq & D€™'Essentials, Angga Puradiredja.

Olahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Para ahli telah banyak mengemukakan pentingnya berolahraga dan manfaatnya bagi kesehatan. Sayangnya meski kebanyakan orang tahu akan penting dan manfaat kegiatan ini, mereka seringkali mengabaikannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh vokalis Maliq & D’ Essentials, Angga Puradiredja. Dia menilai kebanyakan orang, khususnya masyarakat di perkotaan sering kali mengabaikan kegiatan penting ini dengan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah dikejar target dalam pekerjaan. Padahal dengan berolahraga banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh tubuh.

“Jadi pada saat kita melakukan olahraga, banyak hormon tubuh yang diproduksi untuk melepas stres. Zaman sekarang banyak orang beralasan dikejar target atau apapun itu, kemudian mereka sering kali mengabaikan diri sendiri. Padahal sebenarnya dengan melakukan kegiatan olahraga itu kita telah memuaskan kebutuhan diri kita akan kebutuhan sebagai manusia,” papar pria yang biasa disapa Angga ini.

 

Anak baik! Alhamdulillah 🤗🤗🤗😘 @anggapuradiredja #sheemar #motherhood

A post shared by Melanie Putria (@melanieputria) on

Lebih jauh suami dari Putri Indonesia 2002, Melanie Putria, ini menegaskan bahwa olahraga itu harus menjadi gaya hidup dan tidak bisa dilakukan setengah hati. Selain memperoleh kesehatan jasmani, mereka juga akan memiliki pikiran yang sehat karena terbebas dari stres.

“Olahraga itu harus jadi gaya hidup. Tidak bisa jika kita hanya aktif misalnya dalam dua bulan kemudian kita tidak melakukannya lagi. Ibarat membersihkan lantai, harus dilakukan setiap hari. Olahraga itu harus jadi budaya sehari-hari sehingga fisiknya sehat dan yang paling penting pikirannya juga sehat,” tegas ayah satu anak ini.

Untuk menyiasati agar olahraga menjadi gaya hidup, Angga menyatakan bahwa orang harus memilih olahraga sesuai dengan kesenangannya. Karena menurutnya banyak yang beralasan bahwa olahraga itu panas, melelahkan dan sebagainya.

“Orang suka berpikir kalau olahraga itu melelahkan, panas, dan sebagainya, untuk menyiasatinya sebaiknya dicari saja olahraga yang cocok untuk masing-masing orang. Dan yang paling penting harus olahraga,” lanjut pria yang juga fans Zlatan Ibrahimovic ini.

Angga sendiri sekarang memilih kegiatan olahraga golf. Hal ini telah ditekuninya dalam 10 tahun terakhir. Meski bukan bertujuan sebagai seorang pemain golf profesional, dia menilai dengan melakukan kegiatan olahraga yang disukai setidaknya dia berhasil membebaskan dirinya dari stres dan tentunya menyehatkan tubuh.

Angga dan istri sangat menyukai olahraga yang mereka geluti. Seperti yang diketahui, Melanie Putria aktif sebagai seorang pelari dan baru saja menyelesaikan lari maraton bersama Pocari Sweat di Korea Selatan. Sementara Angga, karena keseriusannya menekuni olahraga golf, dia didapuk menjadi duta untuk Jack Nicklaus Indonesia.

Pasangan suami istri ini juga menularkan kegemaran mereka akan olahraga kepada anak semata wayang mereka, Sheemar Rahman Puradiredja. Putranya dikenalkan berbagai macam olahraga, bahkan tak jarang sang anak diajak si ibu untuk ikut berolahraga bersama.