Islamic Solidarity Games 2017

Soal Target di ISG 2017, Menpora Coba Realistis

Jumat, 14 April 2017 10:19 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi saat mengikuti rapat persiapan Asian Games 2018 yang dipimpin langsung Wapres Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jl. Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (29/3) pagi. Copyright: © Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi saat mengikuti rapat persiapan Asian Games 2018 yang dipimpin langsung Wapres Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jl. Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (29/3) pagi.

Atlet andalan Indonesia akan berjuang di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 yang akan berlangsung di Baku, Azerbaijan, pada 8-22 Mei. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi meminta kontingen Indonesia lebih realistis dalam meraih target prestasi di turnamen itu.

Indonesia dipastikan akan mengirimkan 13 cabang olahraga (cabor) ke turnamen tersebut. Cabor olahraga yang akan diikuti Indonesia adalah bola basket, bola voli, menyelam, renang, atletik, para-atletik, senam, judo, karate, menembak, taekwondo, angkat beban, dan wushu.

"Saya sudah meminta Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk tidak selalu menetapkan target secara kuantitatif baik dari perolehan medali maupun peringkat," kata Menpora, sebagaimana dilansir dari Antara.

Ditemui selepas mengikuti pemecahan rekor pianis Jefri Setiawan di Kantor Kemenpora, Imam meminta kontingen Indonesia untuk memaksimalkan seluruh potensi atlet-atlet nasional yang dimiliki saat mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional.

"Misalkan, saat ini ada atlet lari nasional kita yang mengalami kecelakaan. Seandainya kita menargetkan dia meraih medali emas dalam ISG maka target itu akan meleset," kata Menpora.

Menpora menegaskan perolehan prestasi atlet-atlet Indonesia tidak harus selalu didorong dengan capaian angka-angka melainkan kondisi sebenarnya para atlet yang akan turun dalam kejuaraan internasional.

"Kami berharap kontingen Indonesia mencapai prestasi terbaik sebagaimana dalam Islamic Solidarity Games 2013 di Palembang," katanya.