SEA GAMES 2017

Alasan Timnas Balap Sepeda Indonesia Uji Coba di JIExpo Criterium

Senin, 17 April 2017 15:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© aktual/Tino Oktaviano
Pembalap sepeda dari Indonesia. Copyright: © aktual/Tino Oktaviano
Pembalap sepeda dari Indonesia.

Tim balap sepeda Indonesia baru saja mengikuti event JIExpo Criterium 2017 yang berlangsung pada 14-16 April kemarin. Manajer tim, Budi Saputra menyatakan, keikutsertaan tim yang nantinya akan mewakili Indonesia di ajang SEA Games tersebut adalah untuk mengukur kemampuan para pembalap.

JIExpo Criterium 2017 dipilih menjadi ajang try out atau uji coba bagi tim balap sepeda Indonesia, lantaran tim pelatih ingin melihat catatan waktu maupun kondisi fisik para atlet sebelum melakukan pemusatan latihan di Belanda Mei nanti.

"Sebelum kita melakukan training center (TC) di Belanda, sekitar 2 bulan di sana, kita ikut pra kompetisi ini untuk melihat catatan waktu atlet. Setelah try out ini kondisi fisik juga ada evaluasi," ujar Budi Saputra.

© Jerry Petrus Manus/INDOSPORT
para pemenang JIExpo Criterium. Copyright: Jerry Petrus Manus/INDOSPORTPara pemenang JIExpo Criterium 2017.

Budi juga menilai uji coba di JIExpo Criterium tahun ini cukup menarik. Pasalnya dua negara pesaing di SEA Games 2017, Thailand dan Malaysia ikut serta dan menurunkan tim terbaik. Hal itu menjadi keuntungan, sebab tim pelatih bisa melakukan pengamatan dan juga penilaian terhadap kekuatan calon lawan.

"Di sini juga ada Timnas Thailand maupun Malaysia yang turun full team. Kemudian ada Singapura jadi kita bisa melihat dan menilai kekuatan mereka buat tolok ukur sebelum SEA Games," tutupnya.