Indonesia Bakal Sukses Gelar Asian Games 2018 Jika Masalah Ini Terselesaikan

  • Indonesia memiliki sisa waktu 15 bulan lagi untuk merampungkan segala persiapan Asian Games 2018.
  • Presiden panitia penyelenggara Asian Games 2018 otimistis Indonesia akan sukses menggelar pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut meski dana awal untuk ajang tersebut belum cair.
Jumat, 21 April 2017 17:52 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden INASGOC, Erick Thohir (kanan) bersama Menpora, Imam Nahrawi (tengah) saat meninjau GBK. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden INASGOC, Erick Thohir (kanan) bersama Menpora, Imam Nahrawi (tengah) saat meninjau GBK.

Presiden INASGOC, Erick Thohir, mengungkapkan jika pihaknya optimitis Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bakal sukses meski masih banyak kekurangan dalam persiapan. Termasuk belum cairnya dana awal untuk INASGOC sebesar Rp500 miliar.

Meski peraturan presiden (perpres) yang menjadi syarat untuk cairnya dana sudah ditandatangani, namun INASGOC masih menunggu surat resmi terkait penandatanganan perpres tersebut. Selain itu, persoalan administrasi terkait rencana pembentukan INASGOC Badan Layanan Utama (BLU).

"Yang sudah tersedia kalau secara hitam putih itu Rp500 miliar, lalu yang sisanya Rp4,5 triliun belum tahu. Proses BLU akan dijalankan nanti ada di bawah Kemenpora kalau untuk kepengurusan administrasi belum lengkap siapa yang bakal tanda tangani. Pertengahan Mei harus tuntas karena waktunya sudah mepet," ujar Erick.

Caption Copyright: INTERNETErick Thohir bersama Menpora, Imam Nahrawi.

Proses menjadikan INASGOC sebagai BLU memang diperlukan karena nantinya pengurus INASGOC bakal memiliki kuasa untuk mencairkan dana Asian Games 2018 yang diberikan pemerintah. Status pengurus INASGOC sebagai pegawai swasta memang membuat mereka tak bisa begitu saja mencairkan dana.

Jika berbagai permasalahan tersebut telah terselesaikan, Erick optimis Asian Games 2018 akan berlangsung sukses.

"Kalau perpres cepat saya optimis, tapi kalau INASGOC  punya tugas ini ya harus diselesaikan," tutupnya.