Asian Games 2018

Jelang Asian Games 2018, Indonesia Bakal Digelontor Peralatan Sport Science

Rabu, 26 April 2017 22:44 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption

Jelang penyelenggaraan pesta olahraga terbesar negara-negara se-Asia, Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia bakal digelontor peralatan sport science. Hal itu akan terwujud setelah pameran dengan tajuk Indonesia Sport Expo & Forum (ISEF) 2017 di ICE BSD City Tangerang, Banten, pada 17-21 Mei nanti.

Terkait hal tersebut, Project Manajer ISEF, Esti Adnan di Jakarta, Rabu (26/04/17), mengatakan kegiatan yang digelar itu, bukan hanya sekedar pameran saja, karena merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap industri olahraga di Indonesia dengan menghadirkan berbagai macam kategori produk olahraga.

“ISEF 2017 beda dengan tahun sebelumnya yang fokus di stadion dan infrastruktur olahraga. Tahun ini kami mengusung konsep All In One Sport Product yang terbagi dalam delapan kategori olahraga,” ujar Esti Adnan seperti diberitakan Antara.

Esti menambahkan bahwa total delapan kategori olahraga itu adalah stadium dan venue, sport tourism, outdoor dan adventure, water sport, action dan extreme sport, sport equipment, sport fashion, serta fitness, dan running.

Menurut dia, pada pameran peralatan sport science untuk mendukung Asian Games 2018 juga bakal didukung dengan beberapa aktifitas olahraga seperti jump sport, freelatics, zumba, body combat dan, u-jam.

Dalam pameran yang diprakarsai oleh PT Debindo-ITE ini juga akan diselenggarakan forum yang membahas tentang desain bangunan fasilitas olahraga seperti renovasi Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Jakabaring Sport City, Palembang untuk Asian Games 2018.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRenovasi Venue Asian Games 2018.

Selain untuk persiapan Asian Games 2018 juga akan dibahas rencana pembangunan lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Begitu juga akan digelar forum diskusi yang melibatkan pecinta olahraga, dokter spesialis kedokteran olahraga, sport science, juga talkshow mengenai photography dan sport tourism.

Peralatan sport science saat ini sangat dibutuhkan atlet Indonesia guna menghadapi beberapa kejuaraan internasional. Bahkan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng beberapa perguruhan tinggi untuk mengembangkannya seperti Universitas Indonesia, UNJ, dan UPI.

Saat ini untuk menghadapi kejuaraan internasional baik SEA Games 2017 maupun Asian Games 2018, pemusatan latihan nasional sudah digelar. Atlet-atlet terbaik saat ini sudah menjalani program dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).