Olimpiade Tokyo 2020

(FOTO) Begini Wujud Medali Olimpiade yang Terbuat dari HP Bekas

Kamis, 4 Mei 2017 14:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Jepang berkomitmen untuk menyelenggarakan olimpiade paling canggih dan ramah lingkungan. Salah satu inovasinya adalah dengan membuat medali dengan cara daur ulang. Medali sejumlah 5 ribu keping ini akan diolah dari barang-barang elektronik tak terpakai, seperti ponsel.

Pada Februari lalu, panitia Olimpiade Tokyo 2020 telah mengimbau para warganya untuk menyumbangkan barang elektronik tak terpakai ke titik-titik yang disediakan. Panitia memperhitungkan bahwa satu keping medali membutuhkan 330 barang elektronik bekas. Jadi diperkirakan untuk membuat 5 ribu medali akan membutuhkan sekitar 8 ton ponsel bekas.

© Eugene Hoshiko/AP
Caption Copyright: Eugene Hoshiko/APTiga tablet emas seberat 3 gram dari hasil daur ulang 100 ponsel bekas.

Kohmei Harada, penasihat National Institute for Materials Science dan koleganya mencari cara untuk menemukan sisa-sisa emas yan terdapat di sirkuit barang elektronik tersebut. Emas dalam bentuk bubuk itu akan dilarutkan dan diolah untuk menyepuh medali.

Proses ini pun disebut sebagai urban mine, atau tambang dari perkotaan karena menggunakan bahan baku daur ulang dari peralatan elektronik sehari-hari.

"Penggunaan tambang urban akan menyebar luas jika medali yang telah kami buat dapat disaksikan oleh banyak audiens," kata Harada, dikutip dari Asahi Shimbun.

© asahi.com/Shinichi Mishima
Medali Emas dan Perunggu. Copyright: asahi.com/Shinichi MishimaContoh medali dari bahan elektronik bekas. (Sumber: Shinichi Mishima/Asahi Shimbun).