Warga Bulukumba Antusias Sambut Kick Off Nasional Gala Desa

Sabtu, 13 Mei 2017 22:04 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Hendra Mujiraharja
© Zainal/INDOSPORT
Gladiresik urnamen gala desa. Copyright: © Zainal/INDOSPORT
Gladiresik urnamen gala desa.

Kick off turnamen Gala Desa siap digelar. Kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini sendiri sudah dinanti oleh masyarakat Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Ya, memang untuk kick off nasional pertama Gala Desa sendiri akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk membuka kick off akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Meski kegiatan ini baru akan dilaksanakan pada, Minggu (14/05) besok, namun antusias masyarakat Bulukumba sudah sangat antusias. Terbukti saat melaksanakan Gladi Resik untuk acara pembukaan besok masyarakat sudah padat menyaksikan.

Tampak ratusan kalangan anak muda memenuhi lapangan. Sebagian mensimulasikan tari-tarian dengan diiringi musik tradisional. Selain itu, papan bertuliskan nama masing-masing kecamatan tertancap rapih di lapangan.

"Ini gladi resik untuk kick off Gala Desa besok. Bisa kita lihat,  betapa antusiasnya warga di sini menyambut Gala Desa," ungkap Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Amar Ahmad di sela-sela gladi bersih, Sabtu (13/05/17).

© Zainal/INDOSPORT
Gladiresik turnamen gala desa. Copyright: Zainal/INDOSPORTGladiresik turnamen gala desa.

Lebih lanjut Amar mengungkapkan,  Gala Desa digelar di sejumlah wilayah di Indonesia. Setidaknya kegiatan ini akan dilaksanakan pada 136 tempat di 34 provinsi Indonesia.

"Selain di Bulukumba, acara juga digelar di Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, dan Pinrang," katanya.

Sementara itu, Arifin Majid, Asisten Deputi Olahraga Pendidikan, Deputi Pembudayaan Olahraga, Kemenpora menambahkan,  kick off Gala Desa di Bulukumba akan dilakukan oleh langsung Menpora Imam Nahrawi.  Karenanya,  lanjut Arifin,  akan dibuatkan acara khusus penyambutan terhadap Menpora.

"Acara penyambutan Pak Menteri besok, menggunakan tarian tradisional. Yaitu, tarian Ganrang Bulo," ungkap Arifin.

Selain tarian penyambutan (Ganrang Bulo), ada beberapa tarian tradisional yang akan ditampilkan. Yakni,  tarian Mappatabe Ri Wanua yang diartikan sebagai permohonan kepada penguasa alam semesta untuk menyelenggarakan acara.

Kemudian ada tarian Mappasili yang dimaknai sebagai pensucian diri. Serta tarian pepe pepe yang menjadi simbol pembakar semangat anak muda.

Arifin juga mengungkapkan,  sekitar 10 ribu orang akan ikut ambil bagian dalam kick off Gala Desa, besok. "Di sini ada 10 kecamatan. Masing-masing kecamatan akan mengirimkan 1000 lebih warganya," pungkasnya.