(FOTO) Mengintip Gereja Unik untuk Peringati Para Juara Balap Sepeda

Minggu, 14 Mei 2017 12:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© lefigaro.fr
Di dalam Gereja Notre-Dame des Cyclistes, tempat ibadah lainnya dengan nuansa balapan sepeda. Copyright: © lefigaro.fr
Di dalam Gereja Notre-Dame des Cyclistes, tempat ibadah lainnya dengan nuansa balapan sepeda.

Gereja Madonna del Ghisallo yang terletak di Lake Como menjadi salah satu pilihan tujuan wisata unik bagi Anda pencinta balap sepeda yang kebetulan akan mengunjungi Italia. Alih-alih patung atau ornamen khas, gereja unik ini dihiasi dengan memorabilia jersey dan sepeda bersejarah dari para pembalap hebat.

Menurut kabar yang dilansir CNN, tempat ibadah umat Katolik ini memiliki koleksi sepeda dari masa sebelum dan setelah perang, seperti dari para pembalap legenda Fausto Coppi dan Eddy Merckx. Ada juga berbagai koleksi foto dan panji-panji klub sepeda.

© edition.cnn
Petenis Italia Ivan Basso, yang mengenakan kaos pink tengah mengunjungi kapel Ghisallo selama Giro di Italia 2006. Copyright: edition.cnnPembalap Italia Ivan Basso saat mengunjungi Kapel Ghisallo selama Giro d'Italia 2006.

"Terlihat seperti toko sepeda tua. Dindingnya dipenuhi sepeda di mana-mana, alih-alih dipenuhi oleh patung-patung santo dan santa. Di sini, Anda bisa masuk dengan sepeda Anda. Lalu Anda bisa mengenang para pembalap dari mulai legenda Coppi hingga para juara baru-baru ini," komentar Livio Nannetti, salah satu pembalap dari Inggris.

Gereja yang terletak di atas bukit Passo del Ghisallo ini menjadi salah satu lokasi yang dilewati dalam balapan tahunan Tour of Lombardy dan bahkan Giro d'Italia. Uniknya lagi, dalam gereja ini juga terdapat api abadi sebagai peringatan para pembalap yang telah meninggal dunia saat balapan. 

© edition.cnn
Tour of Lombardy. Copyright: edition.cnnTour of Lombardy di depan Gereja Madonna de Ghisallo.

Gereja kecil ini pun menyimpan cerita sejarah unik. Kisahnya, gereja ini dibangun berdasarkan legenda setempat. Di abad pertengahan, Count Ghisallo diselamatkan oleh penampakan Bunda Maria dari sejumlah bandit yang mengincarnya. Sejak saat itu, kejadian tersebut disebut Madonna of Ghisallo dan Paus Pius XII menetapkannya sebagai santa pelindung para pesepeda pada 1949.