Gala Desa 2017

Menpora Resmi Buka Gala Desa 2017

Minggu, 14 Mei 2017 22:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Satu per satu, program andalan gerakan Ayo Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akhirnya diresmikan. Setelah sebelumnya, program Gowes Pesona Nusantara dan Liga Sepakbola, kali ini, giliran program Gala Desa 2017 secara resmi digulirkan Menpora, Imam Nahrawi.

Berpusat di Lapangan Pemuda, Bulukumba, Sulawesi Selatan, sebanyak 6000 peserta tumpah ruah menyaksikan kick off nasional Gala Desa 2017. Gala Desa 2017 akan mempertandingkan enam cabang olahraga.

Dengan resmi dilaksanakan Gala Desa 2017, Imam Nahrawi mengaku sangat bangga. Menurutnya, semangat olahraga inilah menjadi salah satu alat pemersatu bangsa tanpa memandang adanya perbedaan.

"Saya senang, seluruh masyarakat di sini dapat bersatu dan memiliki semangat untuk olahraga. Ini menandakan olahraga dapat menyatukan kita semua," ucap Imam.

© Istimewa
Imam Nahrawi menyerahkan bola secara simbolis dalam acara pembukaan Gala Desa 2017. Copyright: IstimewaImam Nahrawi menyerahkan bola secara simbolis dalam acara pembukaan Gala Desa 2017.

Selain semangat persatuan, menteri yang kerap disapa Cak Imam ini juga menilai event Gala Desa 2017 ini juga diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit atlet yang dapat menembus kancah nasional. Baginya masyrakat dari pelosok desa pun memiliki banyak potensi untuk menjadi atlet yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

”Bersama dengan itu, kami juga ingin mencari bibit-bibit atlet usia dini dari seluruh kalangan masyarakat di pelosok desa yang berpotensi untuk dijadikan sebagai atlet profesional milik Indonesia,” jelas Imam.

Untuk diketahui, Gala Desa resmi digelar sejak Minggu, 14 Mei 2017 hingga tanggal 9 September 2017 nanti. Event ini akan mempertandingkan sepakbola, bola voli, bulutangkis, atletik, sepak Takraw, dan tenis meja.

Di Sulawesi Selatan, tidak hanya Bulukumba saja yang menyelengarakan. Kabupaten lain seperti Kabupaten Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, dan Pinrang juga ikut menggelorakan semangat Ayo Olahraga melalui ajang Gala Desa 2017.