Tarian Tradisional Siap Buka Gala Desa 2017

Minggu, 14 Mei 2017 09:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi bermain sepakbola di pantai Tanjung Bira Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi bermain sepakbola di pantai Tanjung Bira Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan.

Ada hal yang menarik dalam acara pembukaan Gala Desa 2017. Sejumlah tarian tradisional Sulawesi Selatan akan memberikan warna tersendiri dalam kick off nasional perdana Gala Desa 2017.

Event gagasan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini memang akan memulai kick off perdana di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahwari sendiri akan membuka event mini Olimpiade antar desa ini.

Namun selain dibuka secara resmi oleh Menpora, Gala Desa 2017 dalam acara pembukaan nanti akan diwarnai atraksi kesenian daerah asli Sulawesi Selatan ini.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi bermain sepakbola di pantai Tanjung Bira Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTMenpora, Imam Nahrawi bermain sepakbola di pantai Tanjung Bira Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan.

Hal tersebut seperti diutarakan oleh Bupati Kabupaten Bulukumba yang juga menjabat sebagi panitia lokal Gala Desa 2017, Andi Muhammad Sukri Sappewali.

"Kami sudah siapkan sambutan spesial buat Menpora. Kami akan sambut dengan tarian Paduppa yang merupakan tarian tradisional Bulukumba untuk menyambut tamu kehormatan," ucap Andi, Minggu (14/05/17).

Hal ini pun ditegaskan oleh Arifin Majid yang merupakan Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kemenpora yang juga menjabat sebagai panitia lokal. Bagi Arifin acara pembukaan nanti memang kental akan unsur tarian tradisional.

"Selain tarian penyambutan, ada beberapa tarian tradisional yang akan ditampilkan. Yakni, tarian Mappatabe Ri Wanua yang diartikan sebagai permohonan kepada penguasa alam semesta untuk menyelenggarakan acara,” tambahnya.

“Kemudian ada tarian Mappasili yang dimaknai sebagai penyucian diri. Serta tarian pepe pepe yang menjadi simbol pembakar semangat anak muda," sambungnya.

Gala Desa sendiri merupakan salah satu rangkaian program gagasan Kemenpora #AyoOlahraga. Dalam program #AyoOlahraga Kemenpora menggelar Gowes Nusantara, Liga Pelajar dan Gala Desa 2017.

Untuk Gala Desa 2017 sendiri akan mempertandingkan enam cabang olahraga yakni Sepakbola, Bola Voli, Atletik, Sepak Takraw, BuluTangkis, dan Tenis Meja.