Piala AFC Futsal U-20

Tahan Jepang Secara Dramatis, Timnas Futsal Indonesia Lolos ke 8 Besar

  • Timnas Futsal U-20 berhasil lolos ke-8 besar usai tahan imbang Jepang 3-3.
  • Sempat tertinggal 3-1, Indonesia sanggup kejar ketertinggalan di detik-detik akhir laga.
  • Samuel Eko menjadi bintang dengan gol penyelamatnya.

Jumat, 19 Mei 2017 17:34 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20. Copyright: istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

Tim Nasional Futsal Indonesia berhasil lolos ke babak perempatfinal Piala AFC Futsal U-20 setelah berhasil menahan Jepang dengan skor 3-3. Di laga penentuan tersebut, Samuel Eko Putra menjadi pahlawan usai golnya di detik-detik akhir laga selamatkan Garuda dari kekalahan.

Bertanding di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (19/05/17), Skuat Merah Putih dipaksa untuk bertahan dari tekanan Jepang di awal-awal babak pertama. Namun setelah lepas, umpan datar Sauqy Saud di menit ke-9 mampu dijangkau oleh Samuel Eko dan berbuah gol.

Seakan terlecut oleh gol mengejutkan Indonesia, Jepang lalu berupaya keras menyamakan kedudukan. Uchida Shunta dan kawan-kawan sanggup membuat repot barisan pertahanan Garuda.

Yang dinanti-nanti akhirnya tersaji lima menit pasca gol pembuka. Adalah Jiei Yamada yang berhasil mengecoh kiper Timnas, Bagir dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Kaget dengan gol penyama kedudukan tersebut, gawang Indonesia kembali dibobol. Uchida dengan cerdik memanfaatkan kesalahan passing lewat tendangan kerasnya. SKor 2-1 sekaligus bertahan di paruh pertama.

Di babak kedua, Indonesia mencoba permainan cepat lewat serangan balik kilat. Hasilnya cukup lumayan merepotkan, sayang kekurangtenangan di penyelesaian akhir membuat skor belum berubah, 2-1 masih untuk Jepang.

Jurang semakin terjal bagi Timnas Merah Putih tatkala Kazuya Shimizu menambah derita Rio Pangestu cs. Sepakkannya di menit 35 membuat skor menjadi 3-1.

Beruntung, dua menit berselang, lewat skema powerplay, kiper terbang Samuel Eko, lagi-lagi lewat umpan Sauqy Saud, berhasil memperkecil kekalahan menjadi 3-2.

Saat harapan semakin sirna, detik terus berlari, mukjizat akhirnya tersaji di detik-detik akhir. Sundulan Samuel Eko bersaranng telak di gawang Jepang dan memaksa skor menjadi imbang 3-3.

Hasil ini membuat koleksi poin Indonesia menjadi 8 dan sekaligus meloloskan mereka ke perempatfinal. Adapun status juara grup akan ditentukan di laga antara Vietnam kontra Jepang.

Iklan

Tulis Komentar Anda