Piala AFC U-20 di Thailand

Tampil Kesetanan di Piala AFC, Ini Kunci Timnas Futsal U-20

Sabtu, 20 Mei 2017 20:07 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Petrus Manus Da Yerrimon/Indosport
Ketum PSSI dan Ketum PSSI melepas Timnas Futsal U-20. Copyright: © Petrus Manus Da Yerrimon/Indosport
Ketum PSSI dan Ketum PSSI melepas Timnas Futsal U-20.

Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia U-20 berhasil menorehkan catatan apik pada babak penyisihan Piala AFC U-20 di Thailand. Dari empat laga, Ardiansyah Runtuboy tak sekalipun menelan kekalahan.

Timnas Futsal U-20 membukukan dua kemenangan dan dua kali hasil imbang. Hasil tersebut membuat Garuda Muda memastikan diri melangkah ke babak perempatfinal.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhie Prasetyo yang juga menjabat sebagai manajer tim, membeberkan rahasia Timnas Futsal U-20 tampil kesetanan. Padahal, mereka barada satu grup dengan tim kuat seperti Vietnam dan Jepang.

“Kunci keberhasilan mencapai babak perempatfinal adalah berdoa,” ucap Edhie ketika dihubungi INDOSPORT, Sabtu, (20/05/17).

Meski tak didampingi oleh pelatih kepala Vic Hermans selama di Thailand, kondisi itu tidak menyurutkan semangat juang para penggawa Timnas Futsal U-20. Hal itu dibuktikan dengan kerja keras Garuda Muda di menit-menit terakhir pertandingan ketika bersua Vietnam (1-1) dan Jepang (3-3).

Selain itu, Edhie menyebut target juara yang diusung oleh Ketua Umum FFI, Hary Tanoesoedibjo dan PSSI Edy Rahmayadi menjadi cambuk bagi Sauqy Suad Lubis dan kawan-kawan. Malahan, mereka tidak terbebankan dengan ambisi tersebut.
“Anak-anak termotivasi dengan adanya target tersebut,” ujar Edhie.

Saat ini, Timnas Futsal U-20 nangkring di puncak klasemen Grup B dengan poin delapan hasil dari dua kali menang dan dua hasil imbang. Ardiansyah Runtuboy dan kolega masih harus menunggu pertandingan antara Jepang melawan Vietnam yang masing-masing membukukan poin tujuh dan lima untuk memastikan sebagai jawara Grup B.