SEA Games 2017

Persiapan SEA Games, Timnas BMX Ikuti Kejuaraan Asia di Thailand

Kamis, 25 Mei 2017 13:34 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Fajar Kristanto/INDOSPORT
Atlet BMX Indonesia, Elga Kharisma saat mengikuti kejuaraan BMX di Banyuwangi. Copyright: © Fajar Kristanto/INDOSPORT
Atlet BMX Indonesia, Elga Kharisma saat mengikuti kejuaraan BMX di Banyuwangi.

Timnas Balap Sepeda Indonesia disiplin BMX akan mengikuti kejuaraan Asian BMX Championships 2017 di Suphanburi, Thailand, pada 27-28 Mei 2017. Kejuaraan ini merupakan bagian dari persiapan yang dilakukan untuk mengasah kemampuan, sebelum turun di SEA Games 2017 Malaysia, pada 19-31 Agustus mendatang.

Manajer Timnas Balap Sepeda Indonesia Budi Saputra mengatakan, PB ISSI menurunkan para atlet dari tiga kelas berbeda. Tak cuma pembalap elite, PB ISSI juga mengirimkan pembalap junior dan challenge.

"Semuanya diberangkatkan. Kami ingin memberikan kesempatan pada pembalap untuk unjuk kemampuan. Kami melihat potensi mereka untuk meraih prestasi cukup tinggi," katanya.

© Istimewa
Caption Copyright: IstimewaPara atlet BMX Indonesia beraksi dalam kejuaraan di Banyuwangi.

"Mereka hari ini berangkat ke Thailand melalui Bandara Juanda Surabaya. Yang jelas, mereka ini diberangkatkan dengan biaya mandiri yang berasal dari banyak pihak termasuk dana pribadi ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari," kata Budi menambahkan.

Balap sepeda disiplin BMX merupakan andalan Indonesia untuk merebut emas SEA Games 2017. Untuk itu persiapan untuk bersaing di kejuaraan dua tahunan itu terus digalakkan. Di bawah sang pelatih Dadang Haries Poernomo, semua pebalap selama ini digembleng di Banyuwangi.

Berikut nama-nama pembalap yang akan tampil di ajang Asian BMX Championships 2017:

Level Elite:
Tony Syarifudin, Rio Akbar, I Gusti Bagus Saputra, Firman Chandra Alim (pelatnas mandiri), Elga Kharisma Novanda dan Cupi Nopianti.

Level Junior: 
Muhammad Tegas Allam Tsany, Fasha Ahsana R dan Widji Lestari. 

Level Challenge:
Amellya Nur Sifa (14 tahun), Imelda Tabita Deswari Putri (14 tahun) dan Rosida Stellina Romadhoni (13 tahun).