Tatap SEA Games 2017, Timnas Futsal Putri Agendakan TC di Jepang

Minggu, 28 Mei 2017 16:12 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putri Indonesia mulai serius mempersiapkan tim jelang perhelatan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, akhir Agustus mendatang. Tak main-main, pemusatan latihan (TC) ke Jepang menjadi agenda yang direncanakan.

Konsep tersebut diungkapkan oleh pelatih Andre Picessa. Mantan arsitek Jaya Kencana Angels itu mengungkapkan, pihaknya juga telah mengagendakan beberapa laga uji coba.

“Ada agenda try out keluar negeri dan simulasi pertandingan. Program tersebut rencananya akan ke Jepang tetapi belum ada persetujuan dari federasi dan manajer,” ujar Picessa ketika dihubungi INDOSPORT, Minggu, (28/05/17).

Saat ini, penggawa Timnas Futsal Putri tengah digodok dalam pemusatan latihan yang berlangsung di Purwokerto, Jawa Tengah. Untuk menghilangkan kejenuhan serta memperbanyak pengalaman, melanjutkan TC di Jepang menjadi bentuk kemajuan.

Meski begitu, Picessa telah memiliki alternatif lain bila tak jadi bertolak ke Negeri Sakura. Memindahkan TC dari Purwokerto ke ibu kota menjadi solusinya.

“Apabila tidak jadi terealisasi try out ke Jepang, kita akan melakukan latih tanding di Jakarta dengan lawan tim Liga Pro tahun ini,” tutur Picessa.

© Bolalob
Caption Copyright: BolalobIlustrasi futsal putri.

Memasuki bulan ramadan, Picessa menjelaskan bahwa pihaknya telah mengatur program latihan sebaik mungkin untuk menyesuaikan kepada pemain yang tengah berpuasa. Beberapa skema latihan dianggap cocok untuk diterapkan selama bulan puasa.

“Pengalaman tahun lalu pada Piala AFF Futsal di Myanmar, program latihan pagi yaitu speed agility quickness, ball manipulation, dan ball feeling. Namun, diselingi juga dengan weight training atau body training supaya teknik dan kebugaran tetap terjaga meskipun di bulan puasa,” jelas Picessa.

“Kalau untuk latihan malam lebih menekankan pada taktikal pertandingan seperti bertahan dan penyerangan. Ada juga transisi serta dikomibasikan dengan set piece (corner kick, kick in, dan free kick) yang bisa menjadi senjata kita,” tandasnya.

Seperti diketahui, Timnas Futsal Putri menargetkan setidaknya dapat melaju hingga laga pamungkas pada SEA Games 2017. Namun, Picessa tidak menutup peluang untuk menyabet medali emas.