Kalahkan Messi, Ronaldo Jadi Atlet Paling Terkenal

Selasa, 30 Mei 2017 20:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Cristiano Ronaldo, Roger Federer, Lionel Messi, dan LeBron James. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Cristiano Ronaldo, Roger Federer, Lionel Messi, dan LeBron James.

Cristiano Ronaldo memuncaki daftar 100 atlet paling terkenal di muka bumi tahun ini versi ESPN. Sang megabintang Real Madrid meraih gelar ini berdasarkan perhitungan yang mencampurkan sponsor, followers di media sosial, dan popularitas pencarian di internet.

Ronaldo tercatat memiliki pendapatan dari endorsement senilai 32 juta dolar AS, atau sekitar Rp426 miliar. Dari media sosialnya, ia memiliki pengikut 118,1 juta di Facebook, 93 juta di Instagram, dan 50,4 juta di Twitter.

© Alexander Hassenstein - FIFA/FIFA via Getty Images
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Copyright: Alexander Hassenstein - FIFA/FIFA via Getty ImagesCristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

LeBron James mengisi peringkat kedua. Pemain Cleveland Cavaliers ini tercatat memiliki pendapatan endorsement yang lebih besar ketimbang Ronaldo, yakni sebesar 55 juta dolar AS. Namun LeBron memiliki jumlah pengikut media sosial yang lebih sedikit.

Di posisi ketiga, ada rival abadi Ronaldo, yakni Lionel Messi. Kemampuannya yang tak perlu diragukan lagi membuatnya sebagai salah satu atlet paling dicari dan menempati posisi tiga besar. Pep Guardiola pernah berkomentar tentangnya, "Jangan menulis tentang dia, jangan mencoba mendeskripsikannya. Tonton saja dia."

Roger Federer mengisi posisi keempat, memuncaki daftar petenis paling terkenal dengan mengantongi 60 juta dolar pendapatan sponsor. "Fenomenal" mungkin tak cukup untuk mendeskripsikannya. Ia kembali ke dunia tenis dengan makin perkasa, merengkuh rekor 18 gelar Grand Slam dan tercatat pernah nangkring di peringkat nomor satu dunia selama 302 minggu.

Berikut 10 dari 100 daftar atlet paling terkenal versi ESPN:

1. Cristiano Ronaldo (sepakbola)
2. LeBron James (basket)
3. Lionel Messi (sepakbola)
4. Roger Federer (tenis)
5. Phil Mickelson (golf)
6. Neymar (sepakbola)
7. Usain Bolt (lari)
8. Kevin Durant (basket)
9. Rafael Nadal (tenis)
10. Tiger Woods (golf)