Pecatur Muda Indonesia Raih Gelar Grand Master di Filipina

Rabu, 7 Juni 2017 01:49 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Crystal Spellman / EyeEm
Bidak catur (ilustrasi). Copyright: © Crystal Spellman / EyeEm
Bidak catur (ilustrasi).

Prestasi membanggakan berhasil diraih pecatur Tanah Air saaat berlaga di Kejuaraan Catur Asia Timur Junior di Tagaytay, Filipina, yang berlangsung sejak 26 Mei hingga 5 Juni 2017.

Meski hanya mengirim tujuh wakil saja, para penggerak bidak catur Indonesia sukses membawa pulang prestasi yang memuaskan. Hal itu seperti diungkapkan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Kristianus Liem.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebenarnya terdapat meja dan kursi sebagai fasilitas untuk bermain dicatur. Namun akhir-akhir ini dilarang oleh petugas. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTIlustrasi pertandingan catur.

"Tim catur Indonesia yang terdiri atas tujuh orang mengikuti Kejuaraan Catur Asia Timur Junior 2017 bisa pulang dengan hasil yang membanggakan dari Filipina," ujar Liem seperti dikutip INDOSPORT dari Antara.

Baca Juga

Dalam kejuaraan yang berlangsung selama kurang lebih 11 hari tersebut, salah satu pecatur Indonesia berhasil meraih gelar juara, yakni Novandra Priasmoro. Tidak hanya keluar sebagai juara, Novandra juga mendapat penghargaan Norma Grand Master (GM) dan gelar Master Internasional (IM).

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETSelain juara, pecatur Indonesia juga meraih gelar Grand Master di Filipina.

Selain Novandra, pecatur Indonesia lainnya di nomor putri juga berhasil membawa pulang medali perak dan perunggu melalui Vania Vindy Chandra dan Juwita Ardelia Sharfina.

Menyusul hasil yang cukup memuaskan tersebut, Percasi berencana dalam waktu dekat ini akan mengirimkan pecatur Indonesia kelompok umur 7-15 tahun untuk mengikuti Kejuaraan Asia Timur Remaja di Mongolia.

©
Caption Copyright: Percasi berencana mengirim wakil Indonesia dalam kejuaraan di Mongolia.

"Dalam waktu dekat Percasi akan mengirimkan para juara nasional kelompok umur 7-15 tahun ke kejuaraan Asia Timur Remaja di Ulan Bator, Mongolia 17-27 Juni 2017," pungkas Liem.