Sempat Tertunda, Kemenpora Pastikan Gaji Atlet Sudah Terbayarkan

Selasa, 13 Juni 2017 18:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Kemenpora
Imam Nahrawi tinjau Pelatnas karate. Copyright: © Kemenpora
Imam Nahrawi tinjau Pelatnas karate.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyatakan gaji sejumlah atlet yang sempat tertunda dipastikan sudah cair. Gaji tersebut akan langsung ditransfer ke rekening setiap atlet terkait.

Menpora menjelaskan ada 36 cabang olahraga (cabor) dengan sekitar 740 atlet dari total 830 atlet, sudah mendapatkan haknya. Gaji tersebut merupakan tunggakan di dua bulan terakhir, yakni April dan Mei. Sementara 90 atlet lainnya masih belum menerima gaji lantaran ada beberapa masalah teknis.

"Gaji sudah cair per hari Jumat lalu, hari ini, dan juga besok. Transfer akan dilakukan hari ini dan ada 36 cabang olahraga yang cair per hari ini," ujar Imam Nahrawi.

© Info Kemenpora
Menpora, Imam Nahrawi. Copyright: Info KemenporaMenpora, Imam Nahrawi.

"Kita ingin transparan makanya semua sudah berjalan dan kita sangat hati-hati, makanya kita pakai transfer sehingga jelas," sambung Cak Imam.

"Dari 830 atlet yang diajukan honornya, terdapat 41 atlet pada bulan April dan 49 atlet pada bulan Mei yang sampai saat ini tidak bisa diproses melalui SPAN dikarenakan dua atlet rekeningnya sama (pinjam rekening teman), nama KTP dan nama di nomor rekening tidak sama, alamat dan NPWP tidak sesuai, serta terdapat perbedaan tanda baca titik, koma dst pada data atlet," imbuh Menpora.

Baca Juga

Menpora juga berharap agar atlet di Indonesia tetap tekun berlatih untuk mendapatkan hasil terbaik. Pasalnya beberapa kejuaraan bergengsi sudah menanti seperti SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan juga persiapan jangka panjang, yakni Olimpiade 2020.

"Pemerintah ingin sungguh-sungguh memperhatikan atlet, dengan demikian atlet juga harus sungguh-sungguh latihan sehingga target yang diberikan bisa tercapai," tutup Menpora.

© Herry Ibrahim/Indosport
Lifter atau atlet angkat besi putri Indonesia, Sri Wahyuni berhasil melakukan angkatan pada seleksi jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportLifter atau atlet angkat besi putri Indonesia, Sri Wahyuni berhasil melakukan angkatan pada seleksi jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Berikut daftar cabor yang gajinya sudah cair:

I . Honor atlet yg sudah cair sejak hari Jumat (09/06/17) yakni: bulutangkis, golf, wushu, anggar, squash, jetski, atlet disabilitas NPC (13 cabor:190 atlet), honor satlak prima
II. Honor atlet yang sudah proses Surat Perintah Membayar (SPM) dan sudah dikoreksi KPPN tidak ada kesalahan namun baru bisa dilihat di sistem SPAN Kemenpora yang ada pada bendahara pengeluaran (BP) malam ini (Senin-red).

Sedangkan transfernya tetap akan dilaksanakan hari ini oleh KPPN, yakni pada cabor sebagai berikut: angkat besi, kanoing, rowing, TBR, ski air, roller sport, triathlon, sepak takraw, tenis, surfing, senam, panahan, atletik, renang, berkuda, balap sepeda, loncat indah, polo air, renang indah, panjat tebing, karate, tinju, taekwondo, menembak, jujitsu, kurash, judo, muaythai, gulat, bowling, tenis meja, soft tenis, voli pantai, sambo, paralayang, dan layar.