SEA Games 2017

Timnas Renang Putri Ukir Rekor di Singapura

Minggu, 18 Juni 2017 10:27 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Al Bello/Getty Images
Timnas renang putri Indonesia mencetak rekor pada kejuaraan di Singapura. Copyright: © Al Bello/Getty Images
Timnas renang putri Indonesia mencetak rekor pada kejuaraan di Singapura.

Tim Nasional renang putri yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017, mencetak tiga rekor nasional (rekornas) saat tampil di kejuaraan uji coba Neo Garden 13th Singapore National Swimming Championship, di OCBC Aquatic Centre Singapura.

Rekor tersebut dibukukan oleh Ananda Treciel Vanessae Evato dari nomor 50 meter gaya dada putri, Ressa Kania Dewi dari nomor 400 meter gaya bebas, serta tim Indonesia dari nomor 4x100 meter gaya bebas putri.

© Instagram @vanessaevato
Ananda Treciel Vanessae Evato cetak rekor nasional di Singapura. Copyright: Instagram @vanessaevatoAnanda Treciel Vanessae Evato cetak rekor nasional di Singapura.

Rekor yang dicetak Vanessae, memecahkan rekor sebelumnya yang juga dicetak oleh namanya. Vanessae mencatat waktu 32,13 detik. Sementara catatan waktu sebelumnya dicatat Vanessae di angka 32,27 detik.

"Yang jelas seneng banget. Gak cuma mampu mecahin rekornas, tapi juga masuk kualifikasi buat world championship juga," kata Vanessae.

Baca juga: 

Sementara Ressa yang mencatat rekor di nomor 400 meter gaya bebas, mencatat waktu empat menit 17,92 detik atau mempertajam waktu sebelumnya yaitu empat menit 19,75 detik.

© Instagram @vanessaevato
Ananda Treciel Vanessae Evato cetak rekor nasional di Singapura. Copyright: Instagram @vanessaevatoAnanda Treciel Vanessae Evato cetak rekor nasional di Singapura.

Di nomor 400 meter gaya bebas pada kejuaraan ini, Ressa Kania Dewi juga sukses menjadi juara. Ia mengalahkan Amiga Himathongkom dari Thailand yang berada di posisi dua dan Chantal Liew dari Singapura yang harus puas di posisi ketiga.

Satu rekor lain yang dipersembahkan oleh tim Indonesia di nomor 4x100 meter gaya bebas putri, dicetak oleh Yosita, Sagita, Laila dan Ressa Kania Dewi. Rekornya adalah tiga menit 52,17 detik atau lebih cepat dari rekor sebelumnya yaitu tiga menit 52,72 detik.

© Instagram @ressakd
Ressa Kania Dewi cetak rekor nasional di Singapura. Copyright: Instagram @ressakdRessa Kania Dewi cetak rekor nasional di Singapura.

Pelatih kepala tim renang Indonesia, Hartadi, mengaku senang dengan pencapaian anak-anak asuhnya. Ia pun optimistis Timnas renang dapat mempertahankan tren positif ini di ajang SEA Games 2017 nanti.

"Jelang tampil di SEA Games Agustus mendatang, kami sudah dalam track yang benar dengan bukti panen rekornas di setiap kejuaraan. Tinggal bagaimana dua bulan terakhir kita mengatur peak performance di SEA Games nanti," kata Hartadi.