Pacquiao Serahkan Gelar WBO ke Mantan Guru Sekolah

  • Petinju Filipina, Manny Pacquiao kalah angka dari petinju Australia, Jeff Horn. 
  • Manny Pacquiao kalah angka sebesar 117-111, 115-113, dan 115-113.

Minggu, 2 Juli 2017 18:06 WIB
Editor: Galih Prasetyo
INDOSPORT
Manny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn. Copyright: INDOSPORT
Manny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn.

Perebutan gelar kelas welter kelas dunia WBO yang berlangsung di Brisbane, Australia menghasilkan juara baru. Ialah petinju tuan rumah yang juga mantan guru sekolah, Jeff Horn yang berhasil meraih gelar tersebut usai mengalahkan juara bertahan, Manny Pacquiao. 

Manny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn. Copyright: INDOSPORTManny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn.

Petinju asal Filipina itu kalah angka dari Horn. Dikutip dari BBC (02/07/17), ketiga hakim memberikan angka 117-111, 115-113, dan 115-113. Menanggapi kekalahan tersebut, Pacquiao mengaku menerima keputusan tersebut. 

"Itu keputusan hakim. Saya menghormati itu," kata Pacquiao.

Baca Juga: 

Pacquiao Ingin Tanding Ulang dengan Mayweather

Pacquiao: McGregor vs Mayweather Akan Sangat Membosankan!

Horn yang telah menang sebanyak 17 kali pertarungannya, bermain agresif sejak ronde pertama. Pada ronde ke-9, Horn sempat dibuat kewalahan oleh perlawanan balik dari Pacquiao. Namun pada ronde ke-10, Horn mampu memenangkan ronde tersebut. 

Horn sendiri memiliki latar belakang yang cukup unik sebagai juara dunia. Ia dikabarkan sudah bergabung ke klub tinju di Australia sejak umur 11 tahun. Awalnya Horn gabung ke klub tinju itu hanya untuk membela diri. 

Yang menarik, Horn yang juga sempat sampai ke babak perempatfinal Olimpiade 2012 London cabang tinju. Pada 2013, ia mengawali karier profesionalnya. Horn juga tercatat pernah mengajar di Pallara State School di Bribane, Australia. 

Manny Pacquiao dan Jeff Horn. Copyright: Christian Petersen/Bradley Kanaris/Fairfax Media via Getty ImagesManny Pacquiao dan Jeff Horn.

Atas kemenangan dari Pacquiao, Horn tidak hanya menjadi juara baru di kelas welter WBO namun juga dikabarkan mendapatkan uang tunai sebesar 500ribu dollar atau 5 kali lipat dari uang yang pertama kali ia terima saat terjun di ring tinju amatir.