SEA Games 2017

Jelang SEA Games 2017, Indonesia Dihadapkan dengan Godaan Berat

Rabu, 5 Juli 2017 14:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Humas Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi menerima Delegasi TETO Taiwan untuk World University Games XXIX. Copyright: © Humas Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi menerima Delegasi TETO Taiwan untuk World University Games XXIX.

Pesta olahraga paling bergengsi antar negara Asia Tenggara, SEA Games 2017 akan berlangsung di Kuala Lumpu, Malaysia, 19-30 Agustus nanti. Namun, ditengah persiapan para atlet Tanah Air, muncul godaan yang berasal dari World University Games XXIX. Indonesia diundang untuk mengikuti event olahraga yang berlangsung di Taiwan pada 19-30 Agustus 2017 tersebut.

Undangan itu diserahkan langsung Kepala Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan untuk Indonesia, John C. Chen kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi secara langsung di Kantor Kemenpora, Jakarta Selatan, Rabu (05/07/17) siang WIB.

"World University Games  XXIX akan diselenggarakan dari 19 Agustus sampai 30 Agustus 2017. Ini untuk pertama kalinya di Taiwan menjadi tuan rumah World University Games dan tingkat hosting tertinggi di Taiwan selama ini," ujar John C. Chen.

Baca Juga:

Indonesia menjadi dilema sebab kejuaraan World University Games XXIX bertepatan dengan SEA Games 2017. Menpora, Imam Nahrawi belum memutuskan pilihan. Ia masih harus berkoordinasi dengan pengurus cabang olahraga di Indonesia untuk memutuskan pilihan terbaik.

"Tentu saya akan lihat jadwal yang ada di Kemenpora. Tanggal 19 sampai 31Agustus 2017 akan ada penyelenggaraan SEA Gemas 2017. Kami memberangkatkan kurang lebih 550 atlet," ujar Imam Nahrawi. 

"Tapi nanti kami akan lihat dulu mungkin kita bisa kirim atlet. Selain itu, untuk pertukaran atlet  dan sebagainya ini sangat penting. Karena kita tahu Taiwan sangat pesat kemajuannya.Tentu kami akan melihat cabang olahraga apa yang bisa di bawah ke sana atau sebaliknya," tambahnya.

 
© Humas Kemenpora
Menpora Imam nahrawi menerima Delegasi TETO Taiwan untuk World Univ Games Copyright: Humas KemenporaMenpora Imam nahrawi menerima Delegasi TETO Taiwan untuk World Univ Games.

Ajang World University Games XXIX sejatinya cukup bergengsi. Terbukti pebulutangkis peringkat 1 dunia di nomor tunggal putri, Tai Tzu Ying bahkan tidak keberatan absen, karena tidak ingin melewatkan event bergengsi di negara kelahirannya tersebut.

"Saya sama sekali tidak keberatan tidak ikut kejuaraan dunia walaupun saat ini saya di peringkat pertama. Saya lebih memilih ikut World University Games XXIX, karena itu event besar dan digelar pertama kali di negara saya," tegas Tzu Ying.

Sebagai informasi tambahan, World University Games XXIX adalah perlombaan olahraga terbesar dunia yang diikuti para mahasiswa yang menjadi atlet nasional.