Tanpa Pengundian, Timnas Futsal Putra dan Putri Indonesia Tergabung di Grup Neraka

Sabtu, 8 Juli 2017 23:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia.

Tidak seperti cabang sepakbola yang melakukan sistem pengundian untuk pembagian grup, cabang futsal di SEA Games 2017 tidak memberlakukan sistem tersebut. Karenanya, Tim nasional (Timnas) futsal putra dan putri Indonesia dipastikan menghuni grup neraka dengan empat negara lainnya.

Ditiadakannya sistem pengundian pada cabang futsal disebabkan pada SEA Games tahun ini tidak banyak negara yang turut berpartisipasi. Tercatat hanya ada lima negara di Asia Tenggara yang tetap mengikuti kejuaraan dua tahunan kali ini.

Dilansir dari laman resmi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), kelima negara tersebut adalah Vietnam, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Indonesia. Untuk menentukan juara, setiap tim tersebut akan menjalani pertandingan dengan sistem setengah kompetisi atau setiap tim hanya akan bertemu sekali dan dan tim yang mengumpulkan poin terbanyak berhak meraih medali emas.

Pertandingan cabang futsal SEA Games akan mulai berlangsung dari 18-29 Agustus 2017 mendatang di Komplex Panasonic Shah Alam Malaysia. 

© Herry Ibahim/INDOSPORT
Selebrasi Pemain Timnas Futsal Indonesia, Yamani usai mencetak gol pertama. Copyright: Herry Ibahim/INDOSPORTSelebrasi Pemain Timnas Futsal Indonesia, Yamani usai mencetak gol pertama.

Jika dilihat dari negera peserta yang turut berpartisipasi maka dapat dipastikan Timnas Indonesia seolah berada di grup neraka. Hal itu tidak lepas dari kehadiran Thailand dan Vietnam yang memiliki tradisi kuat di futsal kawasan Asia Tenggara. Meksi demikian, kekuatan Malaysia dan Myanmar juga tidak bisa disepelehkan.