Tak Kunjung Latihan, Vic Hermans Ancam Mundur dari SEA Games

Selasa, 11 Juli 2017 14:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra Indonesia hingga saat ini belum juga berkumpul untuk melakukan pemusatan latihan. Padahal sesuai rencana, hal itu seharusnya akan dilakukan di Mataram, Nusa Tenggara Barat sejak 3 Juli lalu. Karenanya, pelatih Vic Hermans pun memberikan pernyataan tegas.

Vic Hermans menegaskan jika sampai tanggal 17 Juli nanti Timnas Futsal belum juga berkumpul, maka tim lebih baik tidak berangkat ke SEA Games 2017 karena minim persiapan. Menurutnya fokus tim akan lebih optimal jika dialihkan ke Asian Indoor dan AFF Futsal akhir tahun nanti.

© istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20. Copyright: istimewaTimnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

"Saya pikir tanggal 17 Juli adalah batas akhir untuk kita memulai sesi latihan untuk SEA Games," ujar Vic seperti dilansir dari Bolalob.

"Jika tidak dimulai, lebih baik fokus ke Asian Indoor (September) dan AFF (November) di Vietnam, tapi kita juga tidak boleh memulainya dengan telat," sambungnya. 

Baca Juga 

Pelatih asal Belanda itu beralasan ia tidak bisa mempersiapkan tim dengan maksimal dengan waktu yang mepet. Hal itu berkaca dari pengalamannya membesut Timnas Malaysia beberapa tahun lalu. Karenanya, Vic Hermans tidak ingin Indonesia menjadi bulan-bulanan di SEA Games pada Agustus nanti.

© Herry Ibahim/INDOSPORT
Aksi Pemain Timnas Futsal Indonesia, Ardy Suwardi dihadang pemain Pelindo. Copyright: Herry Ibahim/INDOSPORTAksi pemain Timnas Futsal Indonesia, Ardy Suwardi dihadang pemain Pelindo.

"Saya memiliki pengalaman bersama Timnas Futsal Malaysia saat berlaga di Piala Dunia Futsal 1996 di Spanyol jika Anda memerlukan waktu untuk persiapan," tutur Vic Hermans.

"Kami hanya dua minggu persiapan untuk berlaga di babak penyisihan grup. Kami selalu unggul, tapi akhirnya selalu kalah di akhir pertandingan karena faktor kebugaran," pungkasnya.

© Herry Ibahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Futsal Indonesia, Yamani sujud sukur usai mencetak gol ke gawang Pelindo. Copyright: Herry Ibahim/INDOSPORTPemain Timnas Futsal Indonesia, Yamani sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Pelindo.

Tidak ingin menunggu lama, Vic Hermans belakangan dikabarkan terbang ke Jayapura, Papua bersama asisten pelatih Yori van der Torren pada Selasa (11/07/17) ini.  Ia ingin menyaksikan secara langsung turnamen futsal yang sedang berlangsung di sana.