Raker APBN dengan DPR, Kemenpora Minta Kenaikan Anggaran hingga Rp1,9 Triliun

Rabu, 12 Juli 2017 17:05 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport
Raker Kemenpora dengan Komisi X DPR perihal dana SEA Games 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Raker Kemenpora dengan Komisi X DPR perihal dana SEA Games 2017.

Kemenpora mengusulkan total anggaran untuk kegiatan mereka sebesar Rp1,9 triliun. Anggaran ini meliputi antara lain anggaran tambahan untuk INASGOC, dukungan prestasi induk cabor melalui KONI dan PB/PP, penyedia sarana olahraga Asian Games Jakabaring, hingga penghargaan atlet dan pelatih pada SEA Games dan ASEAN Paragames Malaysia 2017.

"Kami harap pimpinan dan anggota menyetujui dan kami mohon pendalaman pimpinan dan seluruh anggota Komisi X DPR RI," ujar Imam Nahrawi.

© Herry Ibrahim/Indosport
Raker Kemenpora dengan Komis X DPR Perihal Dana SEA Games 2017 Copyright: Herry Ibrahim/IndosportSesmenpora Gatot S Dewa Broto (kiri) dan Menpora Imam Nahrawi dalam Raker Kemenpora dengan Komisi X DPR.

Imam menyebut jika Kemenpora akan kesulitan merealisasikan rencana pemberian bonus untuk peraih medali di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur karena dana yang masih kurang. Karena itulah Imam berhadap usulan penambahan jumlah anggaran dapat diwujudkan.

Baca Juga

"Di SEA Games Malaysia ini pemerintah menyiapkan bonus, tetapi dana ini masih kurang sehingga meminta tambahan di APBN-P 2017. Terima kasih kepada Komisi X yang ikut menerjemahkan dan mengawal pengajuan anggaran tersebut, sehingga prinsip akuntabilitas dan transparansi serta hati-hati dilaksanakan bersama-sama."

"Kami akan mengawal  dalam konteks transparansi, beberapa usulan telah melalui verifikasi termasuk dari kepolisian dan kejaksaan kami libatkan dalam melakukan pendampingan," tambahnya.

© Herry Ibrahim/Indosport
Raker Kemenpora dengan Komis X DPR Perihal Dana SEA Games 2017 Copyright: Herry Ibrahim/IndosportRaker Kemenpora dengan Komisi X DPR.

Meski meminta penambahan anggaran untuk bonus atlet SEA Games, dalam rapat tersebut Imam menegaskan jika SEA Games saat ini tidak lagi menjadi prioritas pemerintah. Peningkatan prestasi atlet di Islamic Solidarity Games (ISG), Asian Games hingga Olimpiade-lah yang nantinya akan menjadi prioritas utama.

"Sekali lagi SEA Games tidak lagi prioritas bagi pemerintah, ke depan Islamic Solidarity Games, Asian Games hingga Olimpiade yang akan menjadi prioritas," tuturnya.

© Herry Ibrahim/Indosport
Raker Kemenpora dengan Komis X DPR Perihal Dana SEA Games 2017 Copyright: Herry Ibrahim/IndosportRaker Kemenpora dengan Komisi X DPR.

Dalam kesimpulan rapat diperoleh bahwa Kemenpora mengajukan usulan tambahan anggaran pada RAPBN TA 2017 sebesar Rp1,903 triliun. Komisi X DPR RI memandang perlu melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP/RDPU) dengan INASGOC, Satlak Prima, KONI, dan OKI dalam rangka pendalaman usulan anggaran RAPBN-P TA 2017 sebesar Rp 1,903 triliun yang akan dilanjutkan pada pada Kamis (13/07/17) malam.