SEA Games 2017

Dukung Timnas Futsal ke SEA Games, PSSI Segera 'Interogasi' FFI

Rabu, 19 Juli 2017 09:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI, secara tegas menyatakan Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra Indonesia harus berangkat ke SEA Games. Untuk membahas nasib tim Merah Putih, pihak PSSI dikabarkan akan segera melakukan pertemuan dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI).

"FFI kan masih di bawah payung PSSI. Jadi akan ada pertemuan dengan FFI terkait dengan masalah ini (kabar mundurnya Timnas Futsal Indonesia dari SEA Games). Kita akan bicarakan masalah itu lebih lanjut," tutur Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

© istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20. Copyright: istimewaTimnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

Pertemuan tersebut rencananya akan digelar pada Kamis (20/07/17) mendatang di kantor PSSI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Hal itu juga dibenarkan oleh Direktur Kompetisi PSSI, Efraim Ferdinand.

Ia menyatakan nasib Timnas Futsal Putra Indonesia masih akan dibahas dan masih terbuka kemungkinan untuk berangkat ke SEA Games pada Agustus nanti.

Baca Juga

"Dari PSSI maupun FFI sendiri belum ada statement resmi terkait mundurnya futsal putra dari SEA Games 2017. Tapi, memang hal tersebut sedang didiskusikan antara PSSI dan FFI terkait hal tersebut," beber Efraim Ferdinand seperti dilasir dari Bolalob.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas Futsal Indonesia.

"SEA Games itu ajang multievent dan kaitannya tidak hanya FFI, tapi juga ke PSSI dan KOI, terlebih urusan Timnas Futsal juga di bawah naungan PSSI. Jadi, terkait mundur atau tidaknya secara resmi masih didiskusikan. PSSI dan FFI sendiri saat ini masih membahas dari segala sisi apakah Timnas Futsal Putra masih bisa berlaga di SEA Games atau memang harus mundur," sambungnya.

Kabar mundurnya Timnas Futsal Putra Indonesia disebabkan oleh tak kunjung cairnya dana dari pihak FFI. Asisten pelatih Timnas Futsal Putra, Yori van Torren menjelaskan kalau proposal pemanggilan 31 pemain untuk pemusatan latihan hingga saat ini belum juga mendapat persetujuan dari FFI. Hal itu menyebabkan para pemain tidak bisa berkumpul karena tidak mendapat fasilitas penunjang (tiketing).