Bergowes Sambil Menikmati Keindahan Alam dan Sejarah Kabupaten Klungkung

Sabtu, 22 Juli 2017 23:26 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Hendra Mujiraharja
© Info Kemenpora
Menpora, Imam Nahrawi didampingi istri Shobibah Rohmah bersama Bupati, Rita Widyasari saat acara Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara. Copyright: © Info Kemenpora
Menpora, Imam Nahrawi didampingi istri Shobibah Rohmah bersama Bupati, Rita Widyasari saat acara Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Gowes Pesona Nusantara 2017 akhirnya akan menyapa masyarakat Bali. Bertempat di Kabupaten Klungkung, Bali, program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini akan melewati daerah-daerah bersejarah di Kabupaten klungkung, Bali.

GPN 2017 di Kabupaten klungkung, Bali merupakan titik ke-30 GPN secara nasional. Besok juga akan bebarengan melaksanakan bersepeda dari ujung Barat di Palembang, Tengah dari Martapura, Kalimantan, dan Timur dari Halmahera Selatan.

© Dok: Kemenpora
Imam Nahrawi berjabat tangan dengan salah satu warga di acar Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaImam Nahrawi berjabat tangan dengan salah satu warga di acar Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Untuk Kabupaten Klungkukng, Bali sendiri setidaknya sekitar 1000 pesepada yang terdiri dari lapisan masyarakat Bali akan meramaikan Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Klungkung, Bali.

Hal ini diutarakan langsung oleh Dr I Nyoman Winarta SPKO, Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massaldan Kesehatan Olahraga.

Baca Juga

"Sampai saat ini memang sudah terdaftar sebanyak 750. Tapi Saya yakin lebih dari 1000 orang besok akan bergowes bersama," ucap Dr Nyoman kepada INDOSPORT, Sabtu (22/07/17).

"Besok juga akan diramaikan dari seluruh lapisan masyrakat Klungkung dari anak Pramuka, pelajar SMP, SMA serta komunitas dan pejabat daerah setempat akan ikut meramaikan," tambah dia.

© Info Kemenpora
Imam Nahrawi melepas acara Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara. Copyright: Info KemenporaImam Nahrawi melepas acara Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Dalam GPN di Kabupaten Klungkung, Nyoman mengatakan peserta akan menempuh jarak sejauh 12,5 KM. Namun, dia menjamin peserta tidak akan bosan, karena selama bersepada akan melewati daerah wisata dan bersejarah has dari klungkung.

"Besok kita akan melewati daerah wisata yang menjadi idola di sini. Bahkan, untuk pembukaan saja dimulai di Puri Agung Klungkung yang merupakan puri yang sangat lama di sini dan berada persis di depan Monumen Puputan Klungkung yang merupakan monumen bersejarah tempat pahlawan gugur," jelas dia.

Sejak digulirkan pada pertengahan bulan Mei lalu, di Kota Sabang, Banda Aceh, dan sejumlah kota terdepan di Indonesia lainnya seperti Tarakan, Merauke, dan Atambua, Gowes Pesona Nusantara telah berjalan setidaknya di 36 Kabupaten/Kota dari  rencana 90 etape di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Bersamaan dengan itu terdapat Tim Inti Gowes Nusantara yang terdiri dari para pesepeda profesional yang secara terus menerus bersepeda menempuh lebih dari 5000 kilometer dari Kota Sabang menuju Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kota Magelang menjadi etape akhir kegiatan Gowes Pesona Nusantara, yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), 9 September 2017.