Gowes di Tanah Laut, Menpora Dorong Lahirnya Hari Bersepeda Nasional

Sabtu, 22 Juli 2017 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ramadhan
© Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi didampingi isteri Shobibah Rohmah bersama Bupati Rita Widyasari saat acara Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara. Copyright: © Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi didampingi isteri Shobibah Rohmah bersama Bupati Rita Widyasari saat acara Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi terpukau akan tingginya animo masyarakat untuk berolahraga sepeda. Dia pun memiliki wacana menelurkan Hari Bersepeda Nasional di Indonesia.

Menpora, Imam Nahrawi turut ambil bagian dalam Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Dalam kesempatan kali ini, Menpora melihat begitu tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap olahraga bersepeda.

Dia bahkan selalu terkesan dalam setiap pelepasan start Gowes Pesona Nusantara. Baginya kegiatan yang selalu diikuti oleh ribuan masyarakat yang bersepeda, dapat menjadi dasar lahirnya Hari Bersepeda Nasional.

© Dok: Kemenpora
Imam Nahrawi berjabat tangan dengan salah satu warga di acar Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaImam Nahrawi berjabat tangan dengan salah satu warga di acar Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Setiap akhir pekan, ada 8 titik yang dilintasi oleh kegiatan Gowes Pesona Nusantara, dari Barat, Tengah, dan Timur Indonesia. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam setiap gelaran Gowes bisa menjadi cikal bakal dan momen penting untuk lahirnya Hari Bersepeda Nasional,” ucap Imam Nahrawi, Sabtu (22/07/17).

Imam mengatakan, setidaknya dari 2 dari 8 titik yang digelar secara serentak setiap minggunya itu, ia hadir secara langsung untuk bisa merasakan sendiri tingginya semangat bersepeda dari berbagai kalangan masyarakat dalam Gowes Nusantara yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Ayo Olahraga yang dicanangkan oleh Kemenpora untuk mendorong kebiasaan hidup sehat dan produktif.

© Dok: Kemenpora
Imam Nahrawi saat memberikan pidato di acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaImam Nahrawi saat memberikan pidato di acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Baca Juga:

“Partisipasi masyarakat yang tinggi dalam kegiatan keolahragaan tidak boleh berhenti pada hal-hal yang sifatnya seremonial saja, tapi harus menjadi hal sederhana namun strategis dalam kegiatan pembudayaan olahraga secara serius di tengah-tengah masyarakat, Tanah Laut bisa mendorong lahirnya Hari Bersepeda Nasional,” bebernya.

“Tidak akan pernah ada prestasi tinggi dalam olahraga yang tidak diawali dari partisipasi masyarakat yang tinggi, yang mencintai dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidupnya,” tambahnya.

© Dok: Kemenpora
Imam Nahrawi (kanan kaos putih) dalam acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaImam Nahrawi (kanan kaos putih) dalam acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Lebih jauh, gerakan Gowes Pesona Nusantara ini juga dapat mendorong solidaritas dan semangat persatuan dan kesatuan di antara seluruh anak bangsa. Selain itu, kegiatan itu juga akan menjadikan masyarakat Indonesia lebih sehat.

“Tantangan kita hari ini banyak sekali, tapi dengan bersepeda kita semua bersatu dalam segala perbedaan yang ada, kita menjadi sehat, bugar, dan bergembira dengan berolahraga,” sebut Imam lagi

© Dok: Kemenpora
Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaGowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Gowes Pesona Nusantara di Tanah Laut yang juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati serta sejumlah perangkat daerah lainnya itu berlangsung semarak  dengan iring-iringan pesepeda dari berbagai kalangan masyarakat yang terbagi dalam 3 kategori yakni, sepeda santai, sepeda hias dan sepeda ekstrem.

Sejak digulirkan pada pertengahan bulan Mei lalu, di Kota Sabang, Banda Aceh dan sejumlah kota terdepan di Indonesia lainnya seperti Tarakan, Merauke dan Atambua, Gowes Pesona Nusantara telah berjalan setidaknya di 36 Kabupaten/Kota dari  rencana 90 etape di 34 provinsi di seluruh Indonesia.