Pemain Amatir nan Cantik Ini 'Hipnotis' Pelatih Timnas Futsal Indonesia

Sabtu, 22 Juli 2017 21:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putri Indonesia saat ini terus mempersiapkan diri jelang ajang SEA Games 2017 pada Agustus mendatang. Sebanyak 17 pemain saat ini tergabung dalam skuat asuhan Andre Picessa termasuk satu pemain amatir atas nama Dhanielle Daphne dari Tifosi FC.

Berstatus sebagai pemain muda dari klub amatir, Dhanielle Daphne nyatanya memiliki talenta yang luar biasa. Pelatih Andre Picessa bahkan secara terang-terangan melontarkan pujian. Menurutnya Dhanielle adalah pemain yang cepat di posisi flank.

"Yang jelas dia talentanya bagus, ofensifnya luar biasa dan untuk posisi flank dia cepat sekali. Dia kontrolnya, dribbling oke dan sanggup lewati dua bahkan tiga pemain," ujar Andre Picessa.

Baca Juga

Meski mendapat pujian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan Dhanielle khususnya untuk strategi bertahan. Kurangnya pengalaman di liga futsal profesional membuat remaja 16 tahun itu harus berlatih dan belajar lebih giat lagi.

 

#football #field #ball #dribbling

A post shared by Dhanielle Daphne (@dhanielledaphne) on

"Dia (Dhanielle) kendalanya di masalah defensif, karena dia selama ini belum merasakan atmosfer liga futsal. Tetapi kalau sepakbola lapangan besar pengalaman dia sudah banyak," tutur pelatih Andre Picessa.

"Ini yang jadi pekerjaan rumah buat kami pelatih. Selama ini dia (Dhanielle) seorang playmaker di sepakbola jadi terkadang lupa bantu belakang," sambung mantan pelatih JK Angels itu seraya tertawa.

 

last season was a lotta fun sadly no mixtape was taken😓

A post shared by Dhanielle Daphne (@dhanielledaphne) on

Kemampuan dan talenta yang dimiliki Dhanielle bahkan diakui hampir membuat pelatih Andre Picessa mencoret pemain senior. Karenanya mantan JK Angels itu berharap Dhanielle bisa beradaptasi dengan cepat di sisa waktu sebelum berangkat ke SEA Games nanti.  

"Seandainya dia tahun ini atau tahun kemarin ikut liga futsal profesional, mungkin mau tidak mau saya harus coret satu pemain senior, bisa jadi kemungkinannya seperti itu," aku Andre Picessa.

"Di posisi flank dia cepat tetapi untuk futsal masih harus adaptasi. Untuk defensifnya ini yang jadi pekerjaan besar, tapi ini tantangan buat tim pelatih," tutupnya.

 

Runner up! thanks for supporting us #MIC14

A post shared by Dhanielle Daphne (@dhanielledaphne) on

Sebelum dipanggil ikut seleksi dan masuk Timnas Futsal Putri, Dhanielle Daphne sejatinya merupakan pesepakbola lapangan konvensional (lapangan besar). Ia berposisi sebagai gelandang serang dan sudah meraih berbagai penghargaan diantaranya masuk Timnas U-12 untuk TC di Osaka, Jepang. Lalu 2013, terpilih menjadi anak berbakat Asia Tenggara mewakili Indonesia masuk Disney Channel.

Pada 2014, Dhanielle menjadi satu-satunya pesepakbola wanita yang lolos seleksi dari beberapa pemain Timnas dan beberapa pemain berbakat dari daerah untuk ikut Mediteranian International Cup (MIC) di Barcelona dan keluar sebagai runner up

2