Tanggal 19 November Jadi Hari Bersepeda Nasional?

Minggu, 23 Juli 2017 21:11 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ramadhan
© Zainal Hasan/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana menjadikan tanggal 19 November menjadi Hari Bersepeda Nasional. Upaya pembentukan tersebut pun terus digencot dan menunggu persetujuam Keputusan Presiden (Keppres).

Kemenpora memang tengah giat menggalakkan olahraga bersepeda. Bahkan untuk melancarkan kampanye ini, Kemenpora memiliki program Gowes Pesona Nusantara.

© Zainal Hasan/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comGowes Pesona Nusantara oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Gowes Pesona Nusantaran sendiri dilakukan di 90 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Bahkan dari ujung barat dan timur Sabang dan Merauke menggalakkan kegiatan ini.

Tingginya sambutan masyarakat Indonesia terhadap Gowes Pesona Nusantara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi ingin membentuk Hari Bersepeda Nasional.

© Zainal Hasan/Indosport.com
Masyarakat Klungkung antusias mengikuti Gowes Pesona Nusantara 2017. Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comMasyarakat Klungkung antusias mengikuti Gowes Pesona Nusantara 2017.

Disinggung soal hal ini, Dr I Nyoman Winarta SPOK selaku Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga siap mewujudkan misi Pak Menteri. Bahkan dia mengatakan bahwa Hari Bersepeda Nasional akan jatuh pada 19 November.

Baca Juga:

“Hari Bersepada Nasional memang terus kita gagas. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini dapat segera tercapai,” ucap Dr Nyoman saat ditemui INDOSPORT di Kabuapten Klungkung, Bali, Minggu (23/07/17).

© Dok: Kemenpora
Imam Nahrawi (kanan kaos putih) dalam acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaImam Nahrawi (kanan kaos putih) dalam acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Bahkan rencananya kita akan menentukan pada 19 November nanti. Itu yang kami rencanakan, semoga saja tercapai dan segera ada Keppres,” tambahnya.

Nyoman sendiri menjabarkan bukan tanpa alasan Kemenpora begitu berambisi membuat Hari Bersepeda Nasional. Sebab baginya dia berharap nantinya setiap tanggal 19 November Masyarakat Indonesia dapat bersepeda.

© Dok: Kemenpora
Imam Nahrawi saat memberikan pidato di acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Copyright: Dok: KemenporaImam Nahrawi saat memberikan pidato di acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Kita menginginkan nantinya masyarakat Indonesia lebih sehat. Lebih sportif dan selalu bersepeda,” tandasnya.

Gowes Pesona Nusantara 2017 sendiri sudah tiba di titik ke-30. Kabupaten Klungkung, Bali didapuk menjadi tuan rumah Gowes Nusantara kali ini. Rencananya puncak Gowes Pesona Nusantara akan berpusat di Magelang pada 9 September bertepatan pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Magelang.