SEA Games 2017

SEA Games Makin Dekat, PSSI Desak FFI Segera Bentuk Timnas Futsal Putra

Kamis, 27 Juli 2017 15:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI kembali mengingatkan Federasi Futsal Indonesia (FFI) agar segera mempersiapkan Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra untuk berlaga di SEA Games 2017 pada Agustus nanti. Karenanya, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menyatakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada FFI agar secepatnya ditindak lanjuti.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Ratu Tisha, Joko Driyono, dan Gatot S. Dewa Broto. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTRatu Tisha (kiri) saat bertemu dengan Sesmenpora, Gatot Dewa. S Broto.

"Kami sudah bersurat kembali kepada FFI, dan menegaskan bahwa segala macam persiapan untuk menuju ke SEA Games harus segera dimulai dan dilaksanakan. Secara informal dan non-teknis kami sudah sama-sama mempersiapkan. PSSI pun turun tangan karena secara administratif, legal, dan urusan internasional karena PSSI adalah induknya. Jadi ketika ada sesuatu, PSSI harus turun tangan," ujar Ratu Tisha.

"Kami sudah bersurat dua hari yang lalu kepada FFI untuk segera  menetapkan dan memulai persiapan, mengenai tanggal, jadwal, seluruh runutan persiapan itu kami kasih waktu dua sampai tiga hari kepada FFI," sambungnya. 

"Akan tetapi, hubungannya tidak seperti itu, karena ini special case, PSSI akan turun tangan. Kami sudah on going dan diskusi mengenai ini," imbuh wanita yang juga merupakan lulusan FIFA Masters tersebut.

Sementara itu mengenai pendanaan Timnas Futsal Putra, Ratu Tisha menjelaskan PSSI sudah membuat perhitungan dan siap membiayai. Namun, semua hal itu masih harus menunggu keputusan berapa jumlah pemain yang akan diboyong ke SEA Games 2017 nanti.

© Instagram@timnasfutsal
Skuat Timnas Futsal. Copyright: Instagram@timnasfutsalSkuat Timnas Futsal.

"Insya allah tak ada masalah (soal dana) dari perhitungan kami hingga saat ini," terang Ratu Tisha. 

"Tim putra itu selama ini dengan pembiayaan sendiri, sementara tim putri yang di acc (Satlak Prima) untuk jalan. Dari situlah semua hal non-teknis bisa terjadi. Itu salah satu out come dari diskusi kami dengan FFI," tegas wanita 32 tahun itu.

Timnas Futsal Putra belakangan memang menjadi sorotan. Pekan lalu tim asuhan Vic Hermans itu dikabarkan mudur dari SEA Games, namun akhirnya PSSI mengambil alih dan menyarankan agar Timnas Futsal tetap berangkat ke Malaysia.