Pemilik Saham Inter Milan Asal Indonesia Dapat Gelar Kerajaan dari Arab Saudi

Selasa, 15 Agustus 2017 20:23 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
© Humas INASGOC
Erick Thohir. Copyright: © Humas INASGOC
Erick Thohir.

Erick Thohir mendapatkan gelar Custodian of Two Holy Mosque dari pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud. Penyerahan medali itu dilakukan oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Al Syuhaiby kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir  di sela-sela test event Piala Asia II Paralayang di Gunung Mas, Puncak, Jawa Barat, Minggu (13/08/17) kemarin.

"Sebuah kebanggaan bagi saya pribadi dan juga Indonesia karena Asian Games belum berlangsung sudah ada penghargaan dari Kerajaan Arab Saudi atas usaha kita untuk memajukan olahraga, terutama air sports di Asia. Saya mengetahui sosok Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud sebagai ketua Asian Youth, tokoh muda yang energik dalam membangun gerakan olahraga di kalangan remaja Asia," ujar Erick dalam rilis.

Ia menambahkan, pemerintah Arab Saudi tengah membangun generasi muda negaranya melalui cabang-cabang olahraga yang baru sehingga saat multi event, seperti Asian Games menggelar cabang baru, seperti paralayang, sikap antusiasme langsung ditunjukkan negara tersebut.

© Humas INASGOC
Erick Thohir saat memberikan pidato dalam pembahasan Asian Games 2018. Copyright: Humas INASGOCErick Thohir saat memberikan pidato dalam pembahasan Asian Games 2018.

"Buktinya, saat ini, ada 10 pilot dari Arab Saudi yang berlatih paralayang di Puncak. Mereka sudah dua minggu di sini. Ini bukti lain bahwa olahraga bisa mendatangkan devisa, dan melihat spot di Puncak yang bisa didatangkan 100 orang setiap hari, maka saya yakin Asian Games 2018 bisa berdampak positif bagi Indonesia di segala hal," tambahnya.

Sementara itu, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Osama Al Syuhaiby menyatakan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan Indonesia untuk perkembangan olahraga udara, terutama paralayang. "Semoga ini menjadikan hubungan Indonesia-Arab Saudi menjadi lebih baik. Dan semoga nanti Arab Saudi dan Indonesia mendapatkan peringkat yang baik di Asian Games 2018," ucap Osama Al Syuhaiby.

Dalam kesempatan lain, Presiden Air Sports Federation of Asia (ASFA), Mubarak Suwailem juga menyatakan siap memberikan dukungan, baik pelatihan maupun peralatan kepada negara-negara di Asia yang ingin mengembangkan olahraga udara, terutama paralayang.

"Ini sebuah sejarah, karena air sports dipertandingkan di Asian Games. Saya bangga akan Indonesia yang punya hubungan baik dengan kerajaan kami dan mampu menggelar Piala Asia ini. Kami berharap, Asian Games 2018 akan berjalan sukses," ujarnya yang datang ke Indonesia bersama wakilnya,  Turki bin Sultan bin Abdulaziz.

© Humas INASGOC
Erick Thohir Copyright: Humas INASGOCErick Thohir

Sebagai inforrmasi, selain dikenal sebagai pengusaha di bidang media terutama, Erick Thohir, dikenal dunia sejak ia membeli saham mayoritas milik klub raksasa Italia, Inter Milan. Namun, pada akhir 2013 lalu Thohir melepaskan saham mayoritasnya kepada pengusaha China dan kini tercatat hanya menguasai 30 persen saham klub berjuluk Nerazzurri tersebut.