Begini Respons Lucu Warganet Indonesia Balas Insiden Bendera Terbalik

  • Insiden bendera Indonesia yang terbalik mendapat respos beragam dari warganet Indonesia.
  • Namun, tak semua meresponsnya dengan amarah, ada juga yang merespons dengan gaya guyonan.
Minggu, 20 Agustus 2017 14:10 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Yohanes Ishak
© Istimewa
Berbagai respons warganet Indonesia membalas insiden bendera terbalik. Copyright: © Istimewa
Berbagai respons warganet Indonesia membalas insiden bendera terbalik.

Kemeriahan upacara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, tercoreng dengan sebuah insiden bendera Indonesia yang dicetak terbalik di dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Hal itu pertama kalinya diungkap oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, melalui akun Twitter pribadinya yang mengaku amat menyesalkan keteledoran fatal tersebut.

Sontak, kejadian itu langsung menyulut emosi warganet Indonesia dengan melontarkan kecaman terhadap tuan rumah SEA Games 2017 beserta panitia pelaksananya melalui media sosial Twitter dengan menggunakan tagar #ShameOnYouMalaysia yang kemudian menjadi trending topic dunia.

Indonesia Trends Copyright: twitter@IndonesiatrendsIndonesia Trends

Namun, tak semua warga Indonesia membalas dengan amarah mengenai insiden bendera terbalik itu. Salah satunya adalah selebtwit bernama akun @ikramarki dengan followers 69,2 ribu yang meresponsnya dengan bentuk guyonan yang langsung direspons beberapa pengikutnya.

Selain Ikram Marki, beberapa warganet lainnya juga merespons dengan gaya guyon.

Kendati demikian, keteledoran yang dilakukan panitia SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia akhirnya langsung dikonfirmasi oleh Kemenporanya Malaysia dengan mengeluarkan permintaan maaf melalui surat resmi yang diunggah akun Twitter @KL2017

Pernyataan Sekretariat Kuala Lumpur Copyright: bharian.comPernyataan Sekretariat Kuala Lumpur

"Terkait Buku Souvenir Spesial Kuala Lumpur 2017 yang diterbitkan di Upacara Pembukaan SEA Games ke-26, kami meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas kesalahan ketika mencetak bendera Indonesia," bunyi permintaan resmi dengan kop surat Sekretariat Kuala Lumpur 2017.

"Ketua Panitia SEA Games Malaysia dan Menteri Pemuda dan Olaharaga YB Brig Gen Khairy Jamaluddin akan melakukan telewicara dengan Imam Nahrawi esok hari untuk meminta maaf selaku perwakilan panitia."

"Kami sangat menyesali kesalahan ini dan memercayai hubungan baik antara dua negara ini akan tetap kuat dalam semangat SEA Games."