Selain Terbalik, Indonesia Juga 'Dipasangi' Bendera Thailand

Minggu, 20 Agustus 2017 23:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport.com
Merah Putih di Sea Games 2017 Copyright: © Indosport.com
Merah Putih di Sea Games 2017

Kesalahan dalam mencetak bendera Indonesia di buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia ternyata bukan menjadi satu-satunya kesalahan pihak panitia penyelenggara. Pasalnya, sebuah kesalahan fatal lainnya terlihat dalam buku suvenir khusus yang dibagikan oleh pihak penyelenggara.

Sebelumnya, kita mengetahui bahwa pihak panitia salah dalam mencetak bendera Indonesia yang seharunya Merah Putih menjadi Putih Merah. Kesalahan tersebut terdapat dalam halaman 80, halaman yang menjabarkan tentang negara-negara mana saja yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games.

© twitter@imam_nahrawi
Bendera Kontingen Indonesia terbalik. Copyright: twitter@imam_nahrawiBendera Kontingen Indonesia terbalik.

Namun ternyata, kesalahan tidak hanya terletak pada bagian itu saja. Dilansir dari JPNN, pada halaman 40 di buku suvenir terdapat nama Indonesia namun tidak didampingi oleh bendera Merah Putih, melainkan bendera Thailand.

© Jawapos
Bendera Indonesia dan Thailand yang tertukar. Copyright: JawaposBendera Indonesia dan Thailand yang tertukar.

Pada halaman 40 diketahui merupakan halaman yang memuat jawara SEA Games dari waktu ke waktu. Terlihat, di tahun 2011 Indonesia menjadi yang pertama, dengan Jakarta dan Palembang menjadi lokasi tempat diadakannya acara.

© Twitter/@Yadik81229969
Bendera Indonesia dan Thailand yang tertukar. Copyright: Twitter/@Yadik81229969Bendera Indonesia dan Thailand yang tertukar.

Kejanggalan pun sangat terlihat dengan Indonesia yang menggunakan bendera Thailand. Begitu juga Thailand, yang berada di bawahnya namun menggunakan bendera Indonesia. Akibatnya, hal ini pun kembali menjadi bahan gunjingan para warganet di media sosial Twitter.

2