SEA Games 2017

'Lecehkan' Bendera Indonesia, #ShameOnYouMalaysia Menggelegar di Jagat Twitter

Minggu, 20 Agustus 2017 11:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© www.kualalumpur2017.com.my
Suasana upacara pembukaan SEA Games 2017. Copyright: © www.kualalumpur2017.com.my
Suasana upacara pembukaan SEA Games 2017.

Kejadian menyakitkan hati harus dirasakan segenap bangsa Indonesia dalam perhelatan SEA Games 2017, yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Pasalnya, pihak penyelenggara yang bertanggung jawab menggelar event dua tahunan tersebut melakukan kesalahan fatal terkait lambang negara Indonesia, yakni Bendera Merah Putih.

Info itu sendiri pertama kali diketahui melalui kicauan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi di akun Twitter pribadinya.

Imam yang menjadi tamu undangan Upacara Pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil pada Sabtu (19/08/17) kemarin, secara tidak sengaja melihat ada kesalahan fatal dalam buku panduan yang diberikan.

Dalam buku tersebut bendera Indonesia dibuat terbalik, bukannya merah putih malah menjadi putih merah yang menyerupai bendera negara Polandia.

© twitter@Indonesiatrends
Indonesia Trends Copyright: twitter@Indonesiatrends#ShameOnYouMalaysia menjadi trending topic di Twitter.

Sontak kejadian tersebut langsung menyulut emosi warganet Indonesia yang langsung melancarkan kritik-kritik pedas terhadap Malaysia, yang mereka anggap tidak becus menjadi tuan rumah SEA Games 2017 sembari menggunakan tagar #ShameOnYouMalaysia.

Dalam pantauan INDOSPORT, hingga Minggu (20/08/17) pukul 11:00 WIB,  tagar #ShameOnYouMalaysia masih menjadi trending topic nomor satu di Indonesia.

Sedikit informasi, selain dalam buku panduan SEA Games 2017, gambar bendera Indonesia yang terbalik baru-baru ini juga dimuat dalam salah satu harian cetak Malaysia, Metro.