SEA Games 2017

Malaysia Dapat 2 Emas Sekaligus di Satu Nomor, Curang?

  • Malaysia terus mendulang medali emas.
  • Salah satu perolehan emas menjadi kontroversi karena Malaysia mendapat dua emas langsung dari satu podium.
Selasa, 22 Agustus 2017 16:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter@bharianmy
Jeremiah Loo Phay Xing (kanan) bersama Tan Fu Jie berjaya memenangi medali emas dalam acara gimnastik artistik lelaki. Copyright: © Twitter@bharianmy
Jeremiah Loo Phay Xing (kanan) bersama Tan Fu Jie berjaya memenangi medali emas dalam acara gimnastik artistik lelaki.

Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017 terus memimpin klasemen perolehan medali sementara. Hingga kini, mereka telah mengoleksi 31 medali emas, selisih delapan medali dari Singapura yang berada di peringkat kedua.

Pundi-pundi emas tuan rumah pun bertambah kala mereka langsung mendapat dua medali emas di satu pertandingan. Di cabang olahraga gimnastik nomor Artistic Men's Pommel Horse, kedua atlet Negeri Jiran mencatatkan skor seri tertinggi, Selasa (22/08/17).

Kedua atlet tersebut, Tan Fu Jie dan Jeremiah Loo Phay Xing, sama-sama meraih poin 13,650. Juri pun memutuskan keduanya sama-sama meraih medali emas. Sementara medali perak dibatalkan dan perunggu diraih atlet Thailand, Jamorn Prommanee.

Jeremiah Loo Phay Xing (kanan) bersama Tan Fu Jie berjaya memenangi pingat emas dalam acara gimnastik artistik lelaki. Copyright: Twitter@bharianmyJeremiah Loo Phay Xing (kanan) bersama Tan Fu Jie berjaya memenangi pingat emas dalam acara gimnastik artistik lelaki.

Keputusan seperti ini sah menurut peraturan dan sudah pernah dilakukan beberapa kali, bahkan di level olimpiade. Seperti misalnya Gary Hall Jr dan Anthony Ervin yang meraih medali emas di cabang renang gaya bebas 50 meter di Olimpiade Sydney 2000.

Gary Hall Jr dan Anthony Ervin meraih emas di Olimpiade 2000. Copyright: Rob Schumacher/Arizona RepublicGary Hall Jr dan Anthony Ervin meraih emas di Olimpiade 2000.

Namun jarang terjadi kedua atlet tersebut berasal dari negara yang sama, apalagi negara tuan rumah yang bisa dipastikan menjadi keuntungan besar dalam mendongkrak peringkat di klasemen.