SEA Games 2017

'Bela' Indonesia, Media Vietnam Ikut Buka Borok Malaysia

  • Insiden 'terbalik'nya bendera Indonesia di buku panduan SEA Games 2017 masih menjadi sorotan.
  • Bahkan televisi nasional asal Vietnam ikut menyorot kejadian ini.
  • Pasalnya, Vietnam juga menjadi korban keteledoran dari panitia penyelenggara.
Selasa, 22 Agustus 2017 12:22 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
Bendera Kontingen Indonesia terbalik. Copyright: © twitter@imam_nahrawi
Bendera Kontingen Indonesia terbalik.

Polemik terkait kesalahan cetak bendera Indonesia di buku panduan yang dilakukan Panitia SEA Games 2017, ternyata bukan cuma menimpa Indonesia. Meski tak separah yang dialami Indonesia, Thailand dan Vietnam juga ternyata merasakan ulah ceroboh Malaysia Organizing Committee (MASOC) sepanjang SEA Games 2017.

Selain mendapatkan 'serangan' dari Indonesia, kesemrawutan penyelenggaraan SEA Games 2017 kali ini juga mendapat sorotan dari Vietnam. Bahkan salah satu televisi nasional Vietnam membeberkan sejumlah 'borok' ajang ini.

Bukan tanpa alasan jika Vietnam melakukan hal ini. Pasalnya, MASOC sempat beberapa kali melakukan kesalahan terkait para atlet Vietnam.

Pada ajang wushu misalnya, Thoy Vi Duong yang turun di nomor banshu putri menjadi korban baru. Peraih medali emas ini dicetak dengan bendera Indonesia bukan bendera negaranya.

Salah cetak bendera kembali terjadi di SEA Games 2017. Copyright: Vtc.vnSalah cetak bendera kembali terjadi di SEA Games 2017.

Terbalik dengan bendera yang harusnya dituliskan untuk Thalia Lovita Sosrodjojo di posisi kedelapan. Demikian pulan nama penyerang andalan mereka Nguyen Cong Phuong yang ditulis Cong Phuang.

Tak hanya itu saja, televisi nasional ini menyebut bagaimana sejumlah kekacauan sebagai sebuah hal yang memalukan. Sebut saja bagaimana kekurangan makanan di hotel dan tas para atlet yang hilang.