SEA Games 2017

Keputusan Juri Sempat Berubah, Indonesia Tetap Gondol Emas dari Malaysia

  • Indonesia sukses meraih medali emas kesembilan di SEA Games 2017, persembahan cabor panahan.
  • Riau Ega Agatha dan Dianda Choirunisa mengalahkan tim Malaysia di nomor mixed recurve.
Selasa, 22 Agustus 2017 13:36 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa. Copyright: © Twitter@imam_nahrawi
Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa.

Indonesia menambah pundi-pundi medali emasnya di SEA Games 2017 setelah Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa mengalahkan Malaysia dalam laga perebutan medali emas di panahan nomor mixed recurve, Selasa (22/08/17). 

Berlaga di National Sport Complex, Kuala Lumpur, duet Indonesia mengalahkan tim tuan rumah yang terdiri dari Khairul Anuar dan Nur Aliya dengan skor 5-3. Sementara medali perunggu direbut Florante Matan dan Nicole Tagle asal Filipina. 

Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa. Copyright: Twitter@imam_nahrawiRiau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa.

Di set pembuka, duo Merah Putih unggul 2-0 setelah mencatat 37 poin dari Malaysia yang meraih 35 poin. Di set selanjutnya, kedua tim sama-sama meraih satu poin setelah imbang 36-36.

Pada set kedua, masing-masing hanya mendapat masing-masing satu skor karena poin imbang 36-36. Di set ketiga, awalnya Malaysia hanya mendapat 36 poin karena ada satu bidikan yang hanya mendapat poin 7. Sementara Indonesia mendapat 37 poin.

Cabor Panahan. Copyright: IstimewaHasil bidikan Nur Aliya yang direvisi poinnya.

Namun, Indonesia yang seharusnya sudah bisa dinyatakan menang, harus melanjutkan ke set berikutnya karena juri memutuskan untuk mengganti poin Malaysia yang tadinya 7 menjadi 8. Secara total kedua tim mendapatkan skor seri, jadi harus berlanjut ke set penentuan.

Cabor Panahan. Copyright: IstimewaJumlah poin sebelum direvisi.

Untungnya, di set keempat, Riau dan Diananda sukses mengunci medali emas setelah dua tim kembali imbang 34-34. Ini merupakan medali emas kedua untuk Diananda dan emas perdana Riau di SEA Games kali ini. Total, panahan telah menyumbang empat medali emas.