Farah Ann, Atlet Tercantik SEA Games 2017 yang Pernah Dikritik Ulama Malaysia

Selasa, 22 Agustus 2017 12:51 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Jika Anda saat ini tengah berada di Kuala Lumpur, Malaysia, pasti akan menemukan banyak spanduk dan baliho promosi SEA Games 2017. Di antara wajah-wajah yang tampak di baliho promosi yang terlihat di sejumlah stasiun LRT (Line Rapid Transportation), ada satu yang pasti membuat kaum Adam tak tahan untuk tidak melirikkan matanya. 

Dia adalah Farah Ann Abdul Hadi. Atlet senam Malaysia yang memang menjadi ikon dari SEA Games 2017. Pesenam 23 tahun memang pantas dimajukan sebagai ikon SEA Games. Selain cantik, Farah Ann juga cukup berprestasi. Pada SEA Games 2015 di Singapura, dia menyabet 2 medali emas dari total enam medali yang dipersembahkannya untuk Malaysia.

Atlet kelahiran Mei 1994 terpilih jadi salah satu dari 10 atlet tercantik dan terganteng yang berlaga di SEA Games 2017 versi FOX Asia. Atlet Indonesia Lindswell Kwok, penyumbang emas dari Wushu, juga terpilih menjadi salah satu yang tercantik di pesta olahraga kali ini versi media tersebut.

Pemilihan wanita blasteran Malaysia-Kanada ini sebagai ikon yang mempromosikan SEA Games 2017 ini boleh jadi merupakan penegasan Kementerian Belia dan Sukan Malaysia terhadap kritik dari kalangan konservatif Malaysia terhadap sang atlet.

© REUTERS
Farah Ann Abdul Hadi Copyright: REUTERSFarah Ann Abdul Hadi saat tampil di SEA Games 2015.

Dua tahun lalu, Farah Ann dikritik habis-habisan oleh kalangan konservatif Malaysia karena mengenakan leotard saat tampil di cabang senam SEA Games 2015. Baju senam ini memang tidak menutup bagian pinggang ke bawah dari Farah Ann, yang termasuk aurat yang harus ditutup dalam ajaran Islam. Sebagai seorang muslim, dalam pandangan mereka, Farah tak pantas melakukannya.

Dikutip dari Telegraph, Harussani Zakaria, seorang ulama Malaysia pernah berkata, ”Senam tidak diperuntukkan bagi wanita muslim. Karena olahraga ini mengekspos aurat dan itu terlarang di agama Islam. Jika seorang wanita muslim ingin tampil di olahraga senam, mereka harus mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuhnya, yang tidak akan cocok untuk berolahraga.”

© The Star
Medali Emas Tim Senam Indah Malaysia Copyright: The StarFarah Ann (kiri) mempersembahkan medali emas  bersama tim senam indah Malaysia di SEA Games 2017.

Namun, kritikan Zakaria kala itu langsung dibalas oleh Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin. Sang menteri menegaskan bahwa apa yang dikenakan Farah sudah sesuai regulasi. Atlet punya hak untuk mengenakan pakaian yang mereka inginkan.

“Di cabang senam, Farah sudah memukau para juri dan mempersembahkan emas. Urusan pakaiannya biar Yang Maha Esa yang memutuskan. Bukan Anda. Jangan ganggu atlet kami,” tegas Jamaluddin seperti dikutip Daily Mail.

Di SEA Games 2017 ini, si cantik Farah pun tetap mengenakan leotard ketika tampil di arena senam di Hall 9 Malaysian International Trade and Exhibition Centre (MITEC). Namun, di bagian pinggang ke bawah kini sudah lebih tertutup. Farah Ann bersama tim senam Malaysia sudah mempersembahkan satu medali emas dalam nomor senam artistik beregu, Senin (21/08/17).