Tidak Penuhi Target, KOI dan CDM Apresiasi Perjuangan Atlet Indonesia

Kamis, 31 Agustus 2017 00:01 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport.com
Merah Putih di Sea Games 2017. Copyright: © Indosport.com
Merah Putih di Sea Games 2017.

Selesai sudah perjuangan para kontingen Indonesia di SEA Games 2017, yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Meski hasil yang dicapai meleset dari target, namun muncul harapan dari beberapa cabang olahraga, terutama olimpik agar terus menjalankan program pembinaan yang sudah diterapkan demi meningkatkan prestasi di Asian Games 2018.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, pada Rabu (30/08/17). Dirinya mengapresiasi Aziz Syamsudin selaku Chef de Mission (CDM) yang berkontribusi nyata untuk memompa semangat kontingen selama di SEA Games 2017.

"Saya mengapresiasi kerja dari Saudara Aziz Syamsudin sebagai Chef de Mission yang bekerja keras terus memompa semangat kontingen selama di SEA Games 2017, Kuala Lumpur,” ucap Thohir.

“Meskipun target meleset sekitar 20 persen, namun saya menilai ada beberapa hal positif seperti cabor renang dan panahan yang mampu meraih empat medali emas," tambahnya.

Untuk menatap tugas berat prestasi sebagai tuan rumah Asian Games 2018, dengan target 20 medali emas dan masuk peringkat 10 besar Asia, Erick mengharapkan KOI dan seluruh stakeholder olahraga Indonesia bisa mempersiapkan dengan lebih baik.

"Termasuk pula keterlibatan KOI dalam pembinaan atlet, tak hanya menangani saat pengiriman saja. Terlebih KOI juga bisa menjembatani dukungan dan kerja sama dari NOC negara lain, federasi internasional, OCA, atau IOC dalam upaya meningkatkan prestasi atlet," tambahnya.

© Humas INASGOC
Erick Thohir. Copyright: Humas INASGOCErick Thohir.

Apresiasi yang diberikan kepadanya tak membuat Syamsudin besar kepala. Dirinya menilai selama mendampingi para kontingen, semangat juang dari setiap individu atlet yang berhasil membuat mereka melangkah sejauh ini.

“Para atlet benar-benar menjalankan pesan dari Presiden yang meminta agar mereka punya mimpi, yakni menjadi juara dan meraih medali. Hal itu sudah ditunjukan lewat perjuangan di setiap pertandingan," ucapnya.

Upacara penutupan SEA Games di Kuala Lumpur akan digelar 30 Agustus malam di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia. Ajang pesta olahraga bangsa Asia Tenggara akan digelar dua tahun mendatang di Filipina.