Panglima TNI Sebut Forki Siap untuk Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020

Selasa, 19 September 2017 14:25 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku ketua PB FORKI mengatakan siap untuk menghadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020. Copyright: © Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku ketua PB FORKI mengatakan siap untuk menghadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020.

Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) beserta para pengurusnya tengah dihadapkan pada persiapan menghadapi Asian Games tahun 2018 di Jakarta dan Sumatera Selatan, serta Olimpiade tahun 2020 di Jepang. Pada kedua event ini, PB FORKI bertekad Indonesia harus meraih prestasi yang terhormat untuk menuju sukses.

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku Ketua Umum PB FORKI saat melantik pengurus FORKI Jawa Timur dari Totok Lucida kepada I Made Sukadana, bertempat di Gedung Wisma Perwira Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (18/9/2017).

“Saya mengimbau semuanya untuk membulatkan tekad guna bersama-sama melakukan persiapan lebih sungguh-sungguh dalam membina atlet-atlet karateka agar dapat bersaing dan menjadi atlet-atlet terbaik,” jelasnya, seperti laporan yang diterima dari Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.

Gatot menjabarkan bahwa FORKI Jawa Timur merupakan salah satu barometer pembinaan olahraga karate di Indonesia. Hal ini terlihat dari pembinaan yang berkesinambungan sehingga mampu menghasilkan atlet-atlet terbaik menjadi atlet nasional FORKI.

© Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, FORKI Siap Hadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020. Copyright: Puspen TNIPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, menyerahkan bendera FORKI.

Selanjutnya, Gatot juga mengatakan bahwa pergantian pengurus dalam suatu organisasi adalah suatu hal yang wajar, di samping untuk regenerasi juga untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Hal tersebut dinilai lebih baik sesuai dengan perkembangan dan dinamika yang selalu menuntut adanya terobosan dan inovasi, sehingga organisasi itu menjadi organisasi yang modern.

“Dalam menjalankan tugas organisasi diperlukan kerja sama, kekompakan, kesamaan visi dan misi sehingga tujuan dapat terwujud,” ujarnya.

© Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, FORKI Siap Hadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020. Copyright: Puspen TNIFORKI Siap Hadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020.

Panglima TNI mengharapkan kepada pengurus FORKI Jawa Timur yang baru agar terus melanjutkan dan meningkatkan prestasi karate Jawa Timur tetap terjaga dan membanggakan.

“Pelihara hubungan yang baik dengan perguruan-perguruan yang ada di Jawa Timur karena merupakan ujung tombak pembinaan atlet, jika perguruan itu kuat maka FORKI akan menjadi kuat,” ungkapnya.

Selain itu, Gatot juga mengimbau kepada pengurus FORKI se-Jawa Timur untuk membantu kinerja FORKI dan terus melakukan pembinaan olahraga karate, sehingga Jawa Timur sebagai barometer karate dapat dipertahankan, ditingkatkan dan lebih membanggakan.

“Saya yakin saudara-saudara adalah insan-insan pencinta karate, bahkan saudara-saudara adalah gila karate, yang ingin karate menjadi kebanggaan olahraga di Jawa Timur di Indonesia, bahkan dunia dan saya yakin anda melakukan ini karena panggilan Nurani anda semuanya,” ucap Panglima TNI.

© Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, FORKI Siap Hadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020. Copyright: Puspen TNIPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, menghadiri pelantikan pengurus FORKI untuk Hadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020.

Usai Pelantikan Pengurus FORKI Jawa Timur, dihadapan awak media Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus FORKI daerah yang sudah menciptakan Jawa Timur menjadi barometer karate di Indonesia dan bisa melahirkan atlet-atlet tingkat nasional, regional bahkan tingkat dunia.

“Kepada pengurus baru saya minta jangan mencari popularitas tetapi harus mengabdikan diri di karate,” tambahnya.

“Target FORKI pada Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020, kita harus yakin dapat peluang untuk meraih prestasi, karena di event sebelumnya baik di Sea Games, Asian Games maupun internasional selalu berkibar merah putih dan Lagu Indonesia Raya dinyanyikan,” imbuh Gatot.

© Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, FORKI Siap Hadapi Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020. Copyright: Puspen TNIPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (tengah).

Panglima TNI menjelaskan bahwa FORKI akan terus berusaha mewujudkan dan mengejar pencapaian target yang ditetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga RI serta KONI dalam rangka kesiapan Asian Games 2018 di Jakarta dan Sumatera Selatan.

“Saya akan kejar target medali dalam Asian Games 2018, untuk itu sesuai dengan ketersediaan waktu menjelang Asian Games, saya akan melakukan try out ke Perancis dan ke negara-negara yang kelasnya bagus,” tutup Gatot.