Pilih Uji Coba dengan Qatar, Malaysia Anggap Remeh Timnas Futsal Indonesia?

Jumat, 29 September 2017 22:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Rencana Timnas Futsal Indonesia untuk melakukan laga uji coba dengan Malaysia sebelum ke AFF Futsal Championship 2017 dipastikan batal terlaksana. Hal itu dikarenakan negara tetangga itu menolak untuk bertanding dan lebih memilih mematangkan persiapan ke Timur Tengah.

Menurut pelatih kepala Malaysia, Chiew Chun Yong, skuatnya lebih memilih Qatar sebagai calon lawan meskipun mendapat beberapa tawaran uji coba dari negara Asia lain. Chun Yong ingin anak asuhnya bisa mengembangkan potensinya dengan melawan negara yang timnas futsalnya berada di atas Malaysia.

“Kami akan bertandang ke Qatar pada 12 sampai 16 Oktober nanti. Jadi, saya optimis ini akan menjadi satu persiapan cukup bagus sebelum kita turun ke AFF 2017 di Vietnam nanti. Pada masa ini, saya mau para pemain menunjukkan komitmen tinggi saat beraksi di uji coba nanti,” tuturnya dikutip dari Arenafutsal yang melansir Kosmo.

© Instagram@timnasfutsal
Timnas Futsal Indonesia Copyright: Instagram@timnasfutsalTimnas Futsal Indonesia.

Pelatih Malaysia beralasan kesempatan melawan Qatar akan membuat level permainan anak asuhnya meningkat sebab kualitas lawan berada di atas mereka. Hal itu ditenggarai akan berimbas pada pengalaman yang didapat pemain Malaysia sehingga ada banyak pelajaran yang bisa diserap.

"Kita menerima banyak undangan dari tim lain diantaranya China dan Indonesia, tetapi saya memilih Qatar," ujar Chiew Chun Yong.

"Ini karena saya mau para pemain tampil melawan tim dengan pola permainan yang bagus. Jadi jika melawan tim yang lebih bagus, mereka harus tampil lebih baik daripada tim lain," lanjutnya.

Malaysia sendiri berada di grup B dengan Myanmar, Laos, dan Thailand lantaran Australia yang memilih mengundurkan diri. Sementara itu Timnas Futsal Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Vietnam. Selain itu, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina.