Asian Games 2018

Genjot Prestasi Asian Games, JK Minta Nomor Cabor Ditambah

Rabu, 4 Oktober 2017 08:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© HUMAS PBSI
Foto bersama Jusuf Kalla bersama jajarannya. Copyright: © HUMAS PBSI
Foto bersama Jusuf Kalla bersama jajarannya.

Jelang perhelatan Asian Games di Jakarta dan Palembang yang kurang dari satu tahun lagi, Wapres Jusuf Kalla beserta jajarannya memastikan kesiapan sejumlah venue dan pelatnas. Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah pelatnas bulutangkis Cipayung,  venue pencak silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini, hingga sejumlah lokasi di Kompleks Gelora Bung Karno.

Sebagai tuan rumah, Indonesia memang berharap banyak agar penyelenggaraan pesta olahraga multi cabang terbesar di Asia ini berlangsung sukes. Hal ini juga disampaikan pria yang akrab disapa JK ini pada kunjungan kerjanya.

© HUMAS PBSI
Potret Jusuf Kalla kebersamaan dengan para pemain Bulutangkis dengan semangat. Copyright: HUMAS PBSIPotret Jusuf Kalla kebersamaan dengan para pemain bulutangkis dengan semangat.

"Melihat kesiapan pelatnas dan pembangunan sarana-prasarananya saya tetap optimis pada hasilnya," ujarnya seperti dikutip dalam laman resmi Kemenpora.

Terkait cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games, Wapres JK menegaskan Asian Games 2018 tetap akan mempertandingkan 40 cabang olahraga. Sebelumnya, Indonesia hanya akan mempertandingkan 39 cabor. Namun Dewan Olimpiade Asia (OCA) menambahkan satu cabang olahraga, yakni roller sport yang terdiri atas dua disiplin, yaitu sepatu roda dan skateboard. 

Sementara nomor pertandingan akan berjumlah 462. Namun angka ini masih bisa bertambah, terutama karena JK menginginkan tambahan beberapa nomor yang dinilai bisa menguntungkan Indonesia.

© Kemenpora
Usaha Jusuf Kalla saat mencoba menjajal memanah. Copyright: KemenporaUsaha Jusuf Kalla saat mencoba menjajal memanah.

"Pasti ada potensi kemungkinan penambahan nomor ya, bukan penambahan cabornya. Kita akan rundingkan dengan baik seperti pencak silat yang akan menambahkan nomor kompon dan nomor lainnya yang dirasa kita memiliki kelebihan, kita usahakan masuk," tuturnya.

JK juga berharap seluruh venue Asian Games bisa selesai pada Desember tahun ini. "Ada yang selesai bulan Juni tahun depan seperti velodrom Jakarta karena paling belakangan dibikinnya, hanya itu saja," tambah JK.

2