Asian Games 2018

Jajal Memanah, JK: Latihan Lawan Pak Jokowi Nanti

Rabu, 4 Oktober 2017 00:28 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Humas INASGOC
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla saat menghadiri Count Down Asian Games 2018. Copyright: © Humas INASGOC
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla saat menghadiri Count Down Asian Games 2018.

Perhatian pemerintah jelang bergulirnya Asian Games 2018 nampaknya tak main-main. Terbukti, Selasa (03/10/17) ini, Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla ikut meninjau kesiapan sejumlah lokasi yang bakal menggelar pertandingan di Asian Games 2018.

Sebagai tuan rumah, Indonesia memang berharap banyak agar penyelenggaraan pesta olahraga multi cabang terbesar di dunia ini berlangsung sukes. Hal ini juga disampaikan pria yang akrab disapa JK ini pada kunjungan kerjanya.

"Melihat kesiapan pelatnas dan pembangunan sarana-prasarananya saya tetap optimis pada hasilnya," ujarnya seperti dikutip dalam laman resmi Kemenpora.

© Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi saat mengikuti rapat persiapan Asian Games 2018 yang dipimpin langsung Wapres Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jl. Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (29/3) pagi. Copyright: Info KemenporaMenpora Imam Nahrawi saat mengikuti rapat persiapan Asian Games 2018 yang dipimpin langsung Wapres Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jl. Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (29/03/17) pagi.

JK diketahui menyambangi 7 dari 14 venue yang bakal menjadi lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Orang nomor dua di Indonesia ini mengunjungi Lapangan Panahan, Lapangan Baseball, Lapangan Sepakbola ABC, Lapangan Hoki, Stadion GBK, Istana Olahraga (Istora), dan Arena Aquatic.

JK berharap bahwa seluruh venue yang disiapkan akan selesai pada bulan Desember nanti. Untuk itu, JK akan berupaya untuk memintas jalur pencairan pendanaan demi kesiapan pembangunan sejumlah komplek olahraga yang tengah dikerjakan.

"Dananya cukup saya meminta untuk percepatan pencairan dananya dari sebulan menjadi seminggu dengan administrasi yang singkat tidak berliku-liku, pelatnas ini tidak hanya untuk SEA Games saja tetapi juga untuk Asian Games, dan Olimpiade jadi waktu latihan mereka tidak hanya 10 bulan tetapi sudah berjalan lama sebelumnya," ucap Wapres.

© HUMAS PBSI
Potret Jusuf Kalla kebersamaan dengan para pemain Bulutangkis dengan semangat. Copyright: HUMAS PBSIPotret Jusuf Kalla kebersamaan dengan para pemain Bulutangkis dengan semangat.

Sebelum mengunjungi komples GBK, Wapres juga sempat meninjau sejumlah pelatnas. Pelatnas bulutangkis Cipayung, Jakarta Timur dan venue pencak silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini sebelumnya juga dikunjungi oleh pria asal Makassar ini.

© Kemenpora
Usaha Jusuf Kalla saat mencoba menjajal memanah. Copyright: KemenporaUsaha Jusuf Kalla saat mencoba menjajal memanah.

Salah satu kejadian menarik terjadi saat JK berada di Lapangan Panahan. JK menjajal memanah dan berseloroh soal tantangan untuk Presiden Joko Widodo.

"Bisa buat latihan lawan Pak Jokowi nanti ini," kata JK seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi dikenal memang memiliki hobi memanah. Bahkan salah satu sudut di Istana Bogor dibuatkan Lapangan Panahan khusus untuk hobi sang Presiden.