Arab Saudi Paling Antusias Ikuti Test Event Asian Games 2018

Sabtu, 14 Oktober 2017 17:37 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Arab Saudi mencoba medan bola voli pantai. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Arab Saudi mencoba medan bola voli pantai.

Tes event Asian Games XVIII-2018 cabang olahraga (cabor) bola voli pantai bakal diikuti 15 negara peserta. Turnamen Voli Pantai Asia Pasific 2017 di Venue Beach Bolleyball Jakabaring, 18-22 Oktober nanti awalnya hanya akan diikuti 14 negara. Negara terakhir mendaftar adalah Qatar.

“Bahkan kemarin sore (12/10/17) kontingen Arab Saudi sudah tiba di Palembang. Kami ucapkan welcome (selamat datang) pada kontingen Arab Saudi di Bumi Sriwijaya,” kata H M Taqwa ketua panitia pelaksana, usai pimpin rapat di venue, Jumat siang (13/10/17). 

Selain Qatar dan Arab Saudi, beberapa kontingen sudah berdatangan, di antaranya Iran, Selandia Baru, Kazakhstan, dan Thailand. Tidak ketinggalan Hongkong, Maldives, Taiwan, Jepang, Australia, Singapura, Korea Selatan, dan tuan rumah Indonesia.

“Arab Saudi cukup mengejutkan. Kita begitu konfirmasi, mereka ingin datang lebih cepat ke Palembang. Berarti mereka sangat serius mengikuti kejuaraan tes event Asian Games ini. Ya, sudah tentu tujuan utama mereka datang lebih cepat untuk melakukan adaptasi, baik cuaca maupun venue,” terang sekretaris umum KONI Sumsel ini.

Masih kata Taqwa, Arab Saudi bahkan sudah melakukan uji coba lapangan. “Mereka sudah tidak sabar, begitu datang langsung tanya lapangan dan ingin latihan. Beruntung persiapan kami sudah maksimal meski beberapa lapangan masih dalam proses pengayakan pasir,” tukas Rektor Poltek Unsri ini. 

Opening ceremony akan dilaksanakan 19 Oktober pagi. Sedangkan final akan dilangsungkan 22 Oktober sore. “Pertunjukan gratis atau tidak ada biaya pembelian tiket. Kita harapkan support dari masyarakat Sumsel dan khususnya Palembang untuk mendukung perjuangan para pemain Indonesia,” terang dia.

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Asian Games XVIII-2018. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTAsian Games XVIII-2018.

Berdasarkan entry by name, Indonesia akan menurunkan tiga pasangan tim putra dan tiga pasang tim putri.  Tim 1 putra akan diperkuat pasangan Rachmawan Ade/Asyifah Mohammad. Kemudian Indonesia 2 dihuni duet Ramadhan Gilang/Pribadi Danangsyah. Lalu Indonesia 3 akan menurunkan Shihab Imtaq/Dewantoro Gunawan.

Sedangkan untuk kategori putri, Indonesia 1 andalkan Juliana Dhita/Utami Putu Dini. Indonesia 2 berkekuatan Ratnasari Desi/Eka Yakobed dan Indonesia 3 Rahawarin Martha/Sari Nur Atika. “Tentu kita berharap nanti Indonesia yang akan menjadi juara. Untuk itu mohon dukungannya pada masyarakat Sumsel dan Palembang pada khususnya,” tukas dia.