3 Atlet yang Juga Berprofesi sebagai Dokter

Selasa, 24 Oktober 2017 10:59 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Setiap tanggal 24 Oktober, masyarakat akan memperingati Hari Dokter Nasional, sebuah hari raya yang dirayakan untuk menghargai jasa-jasa para dokter kepada masyarakat dan juga kehidupan individual. Sebab, menjadi seorang dokter bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan gelar sarjana kedokteran, setiap pelajar harus mengemban ilmu pendidikan di perkuliahan dalam waktu yang lama. Biasanya, mahasiswa atau mahasiswi akan mengikuti proses belajar lebih dari empat tahun, yang mana lebih lama daripada jurusan kuliah pada umumnya, yang bisa diselesaikan dalam waktu empat tahun atau bahkan kurang dari waktu itu.

© JEAN-SEBASTIEN EVRARD/AFP/Getty Images
Ilustrasi seorang dokter melakukan tindakan operasi. Copyright: JEAN-SEBASTIEN EVRARD/AFP/Getty ImagesIlustrasi seorang dokter melakukan tindakan operasi.

Selain itu, menjadi seorang dokter juga memerlukan jiwa sosial yang tinggi. Hal itu dikarenakan, dokter mempunyai tanggung jawab besar untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita seseorang.

Menjadi seorang dokter juga sering kali dikatakan membutuhkan perjuangan yang besar. Pasalnya, dokter harus bisa mendahulukan kebutuhan kesehatan tubuh orang lain daripada dirinya.

Meskipun banyak 'aturan' tersebut, nyatanya ada pula para atlet Indonesia yang juga mempunyai profesi lain sebagai seorang dokter. Tidak hanya mempunyai hobi dalam dunia olahraga saja, mereka juga mempunyai otak cemerlang dan jiwa sosial tinggi.

Memperingati Hari Dokter Nasional pada hari ini, berikut INDOSPORT akan menyajikan siapa saja atlet yang juga turut berprofesi sebagai dokter.