Atlet Anggar AS Jadi Inspirasi Boneka Barbie Hijab Pertama

Rabu, 15 November 2017 17:35 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
© Getty Images
Ibtihaj Muhammad. Copyright: © Getty Images
Ibtihaj Muhammad.

Rata-rata anak perempuan akan senang bermain dengan boneka Barbie. Boneka dengan tubuh langsing, muka imut, disertai gaya rambut dengan banyak model itu sering kali menjadi inspirasi banyak orang. Tidak sedikit dari kaum hawa yang mempunyai ambisi besar untuk mengubah dirinya menjadi layaknya boneka Barbie itu.

Jika biasanya orang-orang terinspirasi dari boneka, kini perusahaan yang memproduksi boneka Barbie itu justru mendapatkan inspirasi dari seorang atlet asal Amerika Serikat (AS).

© huffingtonpost.com
Boneka Barbie. Copyright: huffingtonpost.comBoneka Barbie.

Pasalnya, pemain anggar AS, Ibtihaj Muhammad menjadi inspirasi bagi Perusahaan Mattel untuk mengeluarkan figur boneka terbaru yang mengenakan hijab untuk pertama kalinya. Ibtihaj sendiri menjadi atlet anggar pertama yang berkompetisi di Olimpiade 2016 dengan menggunakan hijab dan mempersembahkan medali perunggu.

Melansir Independent (14/11/17), boneka hijab itu menjadi bagian dari Barbie "Shero" untuk memberikan penghormatan pada wanita yang berani mendobrak batas yang ada. Seperti yang sebelumnya pernah dikeluarkan, yaitu boneka dengan sosok pesenam Gabby Douglas dan juga sutradara Selma Ava DuVernay.

Sementara itu bagi Ibtihaj sendiri, dirinya merasa sangat bangga karena bisa menjadi figur untuk boneka Barbie itu. Terlebih lagi, boneka berhijab itu diproduksi untuk pertama kalinya. Sehingga, nantinya anak-anak muda di seluruh dunia akan bisa bermain dengan boneka berhijab.

"Terima kasih @Mattel karena menjadikan saya sebagai anggota terbaru keluarga @Barbie @Shero! Saya bangga mengetahui bahwa gadis kecil di mana-mana akan bisa bermain dengan Barbie yang mengenakan hijab! Ini adalah mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan #shero," tulisnya di akun Twitter, @IbtihajMuhammad.

Sementara itu, lewat proses wawancara dengan Billboard (14/11/17), perempuan kelahiran 4 Desember 1985 itu turut menceritakan mengenai proses pembuatan boneka Barbie hijab tersebut. Dalam pembuatan boneka, Ibtihaj memastikan apa yang ada di diri dia benar-benar tergambar pada boneka tersebut.

Sebab menurutnya, boneka itu merupakan tubuh khusus yang dibuat sehingga kemiripan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan pula. Oleh sebab itu, Ibtihaj pun bekerja bersama tim dalam pembuatan boneka itu dengan detail, mulai dari pakaian dan alat anggar, ukuran kaki yang lebih besar daripada boneka Barbie pada umumnya, hingga penggunaan eyeliner, yang mana dirinya selalu memakai eyeliner bahkan saat berkompetisi.

© INDOSPORT
Ibtihaj Muhammad jadi inspirasi boneka Barbie hijab pertama. Copyright: INDOSPORTIbtihaj Muhammad jadi inspirasi boneka Barbie hijab pertama.

Lebih lanjut, Ibtihaj turut menjelaskan mengapa pembuatan boneka ini menjadi hal penting baginya. Sejak kecil, Ibtihaj sendiri sudah sering bermain dengan boneka Barbie sehingga menjadi impian baginya untuk mempunyai boneka berhijab.

Selain itu, orang tua serta saudara kandungnya turut memberikan dukungan bahwa semua orang akan bisa menjadi siapa pun yang diinginkan dengan kerja keras. Pesan tersebut pun membuat dirinya berpikir terkait benang merah melalui Barbie dan bahwa setiap orang bisa menginspirasi orang lain untuk menjadi apa pun yang mereka inginkan.

© INDOSPORT
Ibtihaj Muhammad jadi inspirasi boneka Barbie hijab pertama. Copyright: INDOSPORTIbtihaj Muhammad jadi inspirasi boneka Barbie hijab pertama.