Buzkashi, Olahraga Unik Nan Ekstrem dari Timur Tengah

  • Olahraga yang memperebutkan bangkai hewan diketahui berasal dari Timur Tengah bernama Buzkashi.
  • Olahraga ekstream tersebut dimainkan di beberapa negara Timur Tengah, seperti Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgyzstan. 
Sabtu, 18 November 2017 14:19 WIB
Penulis: Noor Hendy Dinata Poetra | Editor: Galih Prasetyo
© Istimewa
Buzkashi. Copyright: © Istimewa
Buzkashi.

Bagi anda para pecinta olahraga pernahkah kalian mendengar olahraga Buzkashi?, olahraga unik nan ekstrem ini diketahui berasal dari negara timur tengah, Afghanistan.

Berhasil ditelusuri, Afghanistan ternyata punya olahraga ekstrem yang juga menjadi tradisi untuk menarik perhatian wisatawan yang mereka namakan Buzkashi. Selain ekstrem, olahraga ini juga terbilang unik dan nyentrik karena memperebutkan seekor bangkai hewan kambing atau domba.

Buzkashi dimainkan dengan jumlah peserta yang tak terhingga, yang masing-masing pesertanya menggunakan kuda. Bangkai Kambing dalam permainan Buzkashi biasanya beberapa bagian tubuhnya dipotong, seperti kepala atau betis. 

Kemudian, tubuh kambing tanpa kepala dan betis direndam dalam air dingin selama 24 jam sebelum digunakan untuk bermain. Tujuannya, untuk menguatkan bangkai tersebut. Selain itu, pasir dimasukkan ke dalamnya untuk memberikan bobot ekstra.

Jika penunggang kuda berhasil merebut bangkai dari peserta lain, kemudian kambing tersebut dimasukan ke dalam sebuah lingkaran yang disebut Lingkaran Keadilan. Lingkaran yang dimaksud tentunya memiliki makna atau arti tersendiri yang membuat semangat Afghanistan semakin menggebu.

Buzkashi Copyright: Buzkashi / Getty ImageBuzkashi

Peserta Buzkashi biasanya memakai pakaian tebal dan turban (pelindung kepala) untuk melindungi diri dari pemain lain atau serangan cambuk dan tendangan sepatu boot. Permainan tersebut bisa berlangsung selama beberapa hari. Bagi pemenang, pastinya akan menerima hadiah yang menarik.

Buzkashi Copyright: Buzkashi / Getty ImageBuzkashi

Dilansir INDOSPORT dari berbagai sumber, asal mula terjadinya Buzkashi belum jelas, tapi dianggap sebagai olahraga untuk menjaga moral dan semangat pasukan selama perang yang melanda negara tersebut. Buzshaki adalah olahraga nasional yang rutin diadakan di Afghanistan. 

Buzkashi Copyright: Buzkashi / Getty ImageBuzkashi

Olahraga satu ini juga dapat dibandingkan dengan permainan Polo dari Inggris yang juga menggunakan kuda sebagai kendaraannya. Negara-negara seperti Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Pakistan utara, India dan Kazakhstan juga diketahui ikut memainkan olahraga Buzkashi ini.