Asian Games 2018

Songsong Asian Games 2018, PRSI Gelar Kejuaraan Renang Internasional

  • Indonesia akan menggelar test event khusus cabang akuatik.
  • Ada tujuh negara yang ikut berpartisipasi.
Senin, 4 Desember 2017 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Joko Sedayu
© Istimewa
Triady Fauzi Sidiq (tengah) merebut medali emas 200 meter gaya ganti pada SEA Games 2017. Copyright: © Istimewa
Triady Fauzi Sidiq (tengah) merebut medali emas 200 meter gaya ganti pada SEA Games 2017.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia, PB PRSI akan menggelar kejuaraan renang internasional dalam rangka test event menuju Asian Games 2018. Kejuaraan yang melibatkan tujuh negara peserta itu akan berkangsung pada 5-15 Desember mendatang di Aquatic Stadium, Senayan, Jakarta.

PRSI dan panitia pelaksana akan melaksanakan empat cabang olahraga aquatik yakni renang, polo air, loncat indah dan renang artistik serta satu cabang olahraga master swimming. Kejuaraan itu sendiri mengambil tema Indonesia Open Aquatic Championship 2017 yang melibatkan atlet senior hingga junior.

Stadion Aquatic baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Sabtu (02/12/17) kemarin. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTStadion Aquatic baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Sabtu (02/12/17).

"Kejuaraan diikuti mulai dari kelompok umur sampai senior sekaligus test event Asian Games di venue baru. Jadi, semoga Aquatic Stadium ini bisa jadi momentum untuk kejayaan akuatik Indonesia," tutur ketua umum PRSI, Anindya Bakri.

"Jang ini juga jadi test event buat panpel tentang bagaimana nanti jalankan laga di Asian Games 2018, dan even ini juga jadi test venue apakah semua sudah berfungsi dengan baik makannya kali ini kita undang technical delegate dari Olimpiade juga," sambung wakil ketua umum PRSI, Harlin Raharjo.

Ki-ka: Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK Gatot Tetuko, Waketum PB PRSI Harlin Rahardjo, Presiden Direktur CiMB Niaga Tigor Siahaan, dan Kabid Bin Pres PB PRSI Wisnu Wardhan pada acara jumpa pers Indonesia Open Aquatics Chamopionship 2017. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKi-ka: Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK Gatot Tetuko, Waketum PB PRSI Harlin Rahardjo, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor Siahaan, dan Kabid Bin Pres PB PRSI Wisnu Wardhan di acara jumpa pers Indonesia Open Aquatics Championship 2017.

Selain Indonesia, negara peserta pada Indonesia Open Aquatic Championship kali ini adalah Korea Selatan, Thailand Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan India. Jumlah atlet yang ambil bagian pun dilaporkan mencapai ribuan peserta dan lebih banyak diisi oleh atlet nasional.

"Ada lima negara yang ikut di cabang loncat indah yakni Malaysia, Vietnam Filipina, Indonesia, Thailand, dan India. Sedangkan cabang renang diikuti Indonesia, Korea Selatan dan Singapura," urai Harlin Raharjo.

Sebagai informasi, khusus renang akan ada sekitar 1.500 atlet yang berpartisipasi, kemudian cabang loncat (semua kelompok umur) indah mencapai 100 peserta, renang indah (semua kelompok umur) 100 orang serta polo air putra putri sekitar 100 peserta.